Dark/Light Mode

Jaga-jaga Di Rest Area

Layani Pemudik Anak-anak, Sediakan Klinik Kesehatan

Kamis, 28 April 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Rute mudik pun, lanjut Netty, juga harus dipantau khususnya ke para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Karena potensi terjadinya kemacetan dapat membuat penumpukan massa di titik-titik tertentu.

“Pemerintah dapat memberikan swab atau antigen gratis di titik-titik yang dilewati oleh para pemudik,” imbuhnya.

Wakil rakyat asal dapil Jawa Barat VIII itu juga mendorong agar Pemerintah lebih intensif lagi mengejar laporan kepatuhan prokes di wilayah masing-masing. Sebab, berdasarkan info dari Satgas Covid-19, masih banyak provinsi yang tidak rutin melaporkan kepatuhan akan prokes di wilayahnya.

Baca juga : Pertamina Siaga, Temani Pemudik Di Perjalanan Sambut Lebaran Idul Fitri

Terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengimbau masyarakat menjaga kondisi tubuh saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022. Masyarakat disarankan memanfaatkan tempat istirahat atau rest area di Jembatan Timbang atau Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB).

“Setiap perjalanan jika sudah selama 4 jam harus istirahat, mau capek atau tidak, wajib istirahat,” kata Budi dalam keterangannya, kemarin.

Budi mengungkapkan, hingga kini sudah ada 41 lokasi rest area yang sebelumnya merupakan UPPKB. Unit itu kini dialihfungsikan sebagai rest area bagi para pemudik.

Baca juga : Layani Dan Lindungi Pemudik Agar Semua Tiba Dengan Selamat

“Kami memfasilitasi tempat peristirahatan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan panjang atau untuk mudik,” ujarnya.

Budi mencontohkan, salah satu UPPKB yang dijadikan rest area, yaitu di Losarang, Indramayu, Jawa Barat.

Rest area tersebut telah dikunjungi oleh 358 pemudik dengan rincian 214 orang di antara pemudik itu, menggunakan sepeda motor hingga Senin (25/4).

Baca juga : Segera Sediakan Vaksin Halal

Rest area UPPKB Losarang, kata Budi, menyediakan beberapa fasilitas untuk para pemudik. Antara lain toilet, mushala, tempat istirahat, hiburan karaoke, kursi pijat, dan tempat bermain anak.

Selain itu, lanjut Budi, UPPKB Losarang juga menyediakan posko kesehatan yang siap melayani pemudik untuk cek kesehatan seperti periksa tensi, test antigen maupun layanan vaksinasi Covid-19. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.