Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPR: Kementan Berkontribusi Positif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Jumat, 3 Juni 2022 08:52 WIB
Ilustrasi lahan pertanian/Ist
Ilustrasi lahan pertanian/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Muda Partai NasDem yang juga Anggota Komisi IV DPR Yessy Melania mengapresiasi keberhasilan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menumbuhkan ekonomi nasional melalui sektor pertanian. 

Menurut Yessy, Kementan konsisten fokus menyelesaikan pekerjaan prioritas yang berkaitan langsung dengan peningkatan produksi dan kesejahteraan petani.

"Kami mengapresiasi kerja keras jajaran Kementan yang terus berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, meski seluruh dunia menghadapi pandemi yang saat ini mungkin berubah menjadi endemi," ujar Yessy dalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL), Kamis (2/6).

Baca juga : Hakim PTUN Medan Nyatakan Berkas Gugatan PSI Terhadap Gubernur Sumut Sempurna

Karena itu, kata Yessy, Komisi IV mendorong agar Kementan menjadi garda terdepan dalam mengimplementasikan semangat dan cita-cita Presiden Jokowi untuk mewujudkan kemakmuran dan kedaulatan pangan nasional.

"Kami mendorong Kementan jadi garda terdepan mengimplementasikan semangat dan cita-cita Presiden melalui kebijakan-kebijakan atau program yang tepat sasaran, dan keberpihakannya kepada petani dan masyarakat Indonesia secara umum," katanya.

Yessy mengatakan, ke depan regenerasi petani wajib menjadi program prioritas Kementan dalam membangun sektor pertanian yang makin maju dan modern.

Baca juga : Institusi Pendidikan Tak Boleh Abai Terhadap Penyebaran Ideologi Radikal

Apalagi, kata Yessy, pertanian adalah sektor strategis yang terbukti mampu mengakomodir berbagai persoalan kebangsaan.

"Kehadiran sektor pertanian ini luar biasa menghadirkan kontribusi positif dan menjadi salah satu faktor yang diminati. NasDem mendorong dan terus mengingatkan kepada Kementan ada regenerasi atau kaderisasi pertanian yang lebih unggul," ujarnya.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Demokrat, Suhardi Duka meminta jajaran Kementan menyiapkan sarana dan prasarananya dalam meningkatkan produksi dalam negeri secara baik. 

Baca juga : Doakan Keselamatan Eril, Perkumpulan Santri Pasundan Gelar Pembacaan Qunut Nazilah

Menurut dia, ketersediaan pangan dalam negeri wajib tersedia untuk mengantisipasi kemungkinan adanya krisis global yang cukup panjang.

"Saya minta APBN yang akan kita susun berfungsi sebagai menyanggah gejolak global, utamanya di sektor pangan dan energi. Indonesia harus menyiapkan diri memenuhi pangan dalam negeri seperti beras, jagung, kedelai, bawang merah, gula pasir, minyak goreng, dan lain-lain. Menjaga kualitas belanja menjadi tanggung jawab bersama Komisi IV dengan Kementan," jelasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.