Dark/Light Mode

Kinerja ST Burhanuddin Dinilai Moncer

Komisi III DPR Sarankan Pemerintah Naikin Anggaran Kejaksaan

Minggu, 19 Juni 2022 11:03 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Foto: Ist)
Jaksa Agung ST Burhanuddin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta menilai, Jaksa Agung ST Burhanuddin masuk jajaran Jaksa Agung terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Burhanuddin dinilai pantas dijajarkan dengan R Soeprapto dan Baharuddin Lopa.

"Di luar Soeprapto dan Baharuddin Lopa, ST Burhanuddin salah satu Jaksa Agung terbaik yang kita miliki," kata Wayan dalam keterangan tertulis, Minggu (19/6).

Menurutnya, selain memiliki kecerdasan dalam membongkar kejahatan, Burhanuddin juga dinilai tidak pandang bulu dan berani mengambil segala risiko.

Baca juga : Koalisi Semut Merah Mau Bikin Kejutan Nih

Selama ini, Wayan mengatakan, banyak yang menakuti Jaksa Agung ketika hendak membongkar macam-macam kasus. Namun, anggota DPR Fraksi PDIP itu melihat, ancaman seperti itu tak mempan untuk Burhanuddin.

"Banyak yang menakuti, kalau bongkar sana, bongkar sini, nanti korbannya Anda sendiri. Itu tidak berlaku bagi Jaksa Agung yang sekarang. Mari kita dukung sama-sama," imbaunya.

Sebagai anggota Komisi Hukum dan bertugas di Badan Anggaran (Banggar) DPR, Wayan pun meminta pemerintah menaikkan anggaran Kejaksaan.

Baca juga : Akademisi Minta Pemerintah Tegas Keluarkan Kebijakan Bebas Intervensi

"Jangan dipukul rata seperti anggaran sektor lain yang kerjanya biasa-biasa. Kita harus berani memberikan penghargaan lebih bagi orang yang berprestasi," tutur Wayan.

Dia menyarankan pemerintah menurunkan anggaran kementerian/lembaga yang tidak bekerja maksimal, dan dialihkan untuk Kejaksaan, yang telah menunjukkan prestasinya.

Wayan menyebut, sudah semestinya, kinerja Jaksa Agung ST Burhanuddin yang telah memberikan prestasi membanggakan, untuk lebih diperhatikan.

Baca juga : Kemenperin Genjot Pengembangan Kendaraan Euro 4

"Kini tinggal pemerintah dan kita semua, khususnya DPR, untuk terus mendukung mereka yang telah bekerja keras," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.