Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nyatakan Diri Tak Mau Jadi Capres Atau Wapres

Luhut Diam Ditanya Jokowi Tiga Periode

Rabu, 30 Maret 2022 06:55 WIB
Presiden Jokowi memberikan pengarahan dalam acara Peresmian Pembukaan Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Tahun 2022, di Istora Senayan, Jakarta, kemarin. (Foto: BIRO PERS).
Presiden Jokowi memberikan pengarahan dalam acara Peresmian Pembukaan Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Tahun 2022, di Istora Senayan, Jakarta, kemarin. (Foto: BIRO PERS).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi salah satu bintang Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi), di Istora Senayan, Jakarta, kemarin. Kesempatan ini dimanfaatkan para kepala desa untuk bertanya banyak hal. Mulai dari persoalan desa, soal capres, hingga wacana Jokowi tiga periode. Kepada para kepala desa, Luhut menegaskan tak mau jadi capres atau cawapres. Namun, saat ditanya soal Jokowi tiga periode, Luhut hanya diam dan tersenyum.

Acara ini dihadiri sekitar 15 ribu kepala desa dari seluruh Indonesia. Acara para kades ini dimulai pukul 2 siang. Namun, 2 jam sebelum acara, para kepala desa sudah memadati kawasan Istora. Semuanya kompak, mengenakan seragam kemeja putih dan celana hitam.

Baca juga : Survei KedaiKOPI: Capres Jawa-Cawapres Luar Jawa Paling Banyak Dilirik

Di acara ini, Presiden Jokowi mendapat sambutan luar biasa. Sambutan hangat terasa saat Kepala Negara menginjakkan kaki di kawasan Istora. Dua spanduk besar terpasang di bagian luar. Saking besarnya, tulisan dalam spanduk itu, bisa terbaca dari luar Gedung Istora.

Di salah satu spanduk yang berwarna merah, tertulis pujian kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. "Jokowi: Bapak Pembangunan Desa Indonesia". Spanduk lain yang sama besar berbunyi, "Kepala Desa Se-Indonesia Setia Kerja Sama Presiden Ir. Joko Widodo". Sebenarnya, ada spanduk satu lagi yaitu Jokowi Tiga Periode. Namun, spanduk ini diturunkan Paspampres.

Baca juga : Rakyat Pilih Capres Sipil Dibanding Militer, Airlangga Jadi Sosok Terkuat

Selain Jokowi, Luhut juga mendapat sambutan hangat di acara ini. Sebelum acara dibuka oleh Jokowi, Luhut memang jadi pembicara di forum ini. Di acara ini, Luhut bicara banyak. Antara lain memberikan motivasi kepada aparatur desa agar tidak cuma jago kandang. Aparat desa harus jeli melihat peluang usaha di tempat mereka tinggal.

Luhut juga memberi semangat agar para kepala desa berani memasarkan segala produk UMKM Desa untuk masuk ke pasar-pasar nasional hingga global. Tak lupa, ia memuji Jokowi sebagai pemimpin yang punya banyak kelebihan.

Baca juga : Duet Ganjar-Puan Diyakini Jadi Penerus Estafet Kepemimpinan Jokowi

Sebelum meninggalkan lokasi, Luhut sempat berbincang dengan beberapa kepala desa. Nah, di sini para kepala desa mengajukan pertanyaan macam-macam. Muslim, seorang kepala desa dari Aceh, misalnya, meminta bantuan Luhut agar pengelolaan Taman Nasional Gunung Leuser dipindah dari Medan ke Aceh. Ia berharap Luhut menyampaikan aspirasinya kepada Jokowi.

"Saya yakin Bapak bisa mengabulkannya dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi tiga periode, setuju?" kata Muslim. Ribuan kepala desa yang hadir ini pun kompak meneriakkan kata "setuju". Menanggapi seruan itu, Luhut tak bicara. Namun, wajahnya tersenyum sumringah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.