Dark/Light Mode

Gelar Sosialisasi Pendampingan Usaha Bagi Wiraswasta

Melani Suharli Ingin Tingkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Pelaku UMKM

Minggu, 11 September 2022 16:38 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli. (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Senada, Anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan mengingatkan pentingnya pelaku UMKM untuk melakukan transformasi digital agar bisa naik kelas.

"Saya penikmat ojek online untuk pesan makanan. Jarang makan di tempat. Ini perubahan perilaku. Kalau lihat toko-toko, restoran sepi, tapi ojolnya banyak, artinya dia melakukan transformasi," tutur Ali.

"Manfaatkan perubahan karakter yang sekarang sudah bertransformasi. UMKM, apapun itu, harus pandai bertransformasi," imbuh anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta ini.

Baca juga : Melani Suharli Fasilitasi UMKM Di Jaksel Dan Jakpus Dapat Sertifikasi SNI

Ali kemudian mencontohkan brand clothing lokal Erigo yang mampu memanfaatkan digitalisasi hingga menembus New York Fashion Week. Keberhasilan itu, kata Ali, tak lepas dari kerja samanya dengan Shopee dalam memasarkan produknya.

"Satu kata kunci, manfaatkan marketing di era transformasi digital. Dia memanfaatkan Shopee, sampai masuk ke New York Fashion Week. Ini era digital, era medsos. Bapak ibu yang gaptek-gaptek bisa minta tolong anak-anak muda," bebernya.

Para pelaku UMKM, bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, maupun TikTok.

Baca juga : Mahfud MD Minta Pemkot Bandung Tingkatkan Kompetensi Dan Integritas Mall Pelayanan Publik

"Informasi apapun sekarang ada di TikTok. Informasi umum, informasi politik, informasi dunia usaha, ada semua. Jadi manfaatkan, jangan sampai kita ketinggalan zaman," tandas Ali.

Menutup acara, Melani berharap para pelaku UMKM yang hadir bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, sehingga usahanya bisa berkembang.

"Jangan putus asa. Tambah inovasi dan kreativitas, tetap semangat. Semoga usaha yang sudah kita mulai, tetap bisa kita jalankan, bisa lebih berkembang untuk kesejahteraan kita dan keluarga. Kalau bisa mensejahterakan masyarakat di sekitar kita. Itu jadi semangat kita. Kita ikut bahagia," tutup Melani. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.