Dark/Light Mode

Gelar Sosialisasi Pendampingan Usaha Bagi Wiraswasta

Melani Suharli Ingin Tingkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Pelaku UMKM

Minggu, 11 September 2022 16:38 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli. (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Juga diingatkan Melani, UMKM telah membuktikan kemampuannya menjadi pondasi kekuatan perekonomian Indonesia.

Hal ini dapat dilihat dari besarnya penyerapan tenaga kerja yang diakibatkan dari eksistensi UMKM serta adanya penyumbangan Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional.

Peran UMKM juga sangat penting dalam kehidupan masyarakat kecil. Sedikitnya, ada tiga peran.

Baca juga : Melani Suharli Fasilitasi UMKM Di Jaksel Dan Jakpus Dapat Sertifikasi SNI

Pertama, sarana mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan. Kedua, sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil, dan ketiga, memberikan devisa bagi negara.

Namun, peningkatan jumlah UMKM yang terjadi ternyata belum tentu diikuti dengan peningkatan pemahaman mengenai konsep-konsep kewirausahaan. Pada akhirnya, hal itu dapat berdampak pada pengimplementasian dan praktik dari UMKM itu sendiri.

"Hal ini sangat disayangkan karena kesuksesan suatu usaha berhubungan positif dengan karakteristik kewirausahaan yang dimiliki oleh pelaku usaha itu sendiri," tuturnya.

Baca juga : Mahfud MD Minta Pemkot Bandung Tingkatkan Kompetensi Dan Integritas Mall Pelayanan Publik

Kewirausahaan merupakan kunci memaksimalkan efisiensi dari keseluruhan modal yang digunakan. Pembangunan karakteristik ini dapat dilakukan melalui pengenalan ilmu kewirausahaan.

"Masih sedikitnya pemanfaatan penggunaan platform media sosial sebagai sarana pemasaran, merupakan satu dari beberapa hal yang perlu diperhatikan," ucap Melani.

Melani mengingatkan, para pelaku UMKM harus berani menyongsong dan menghadapi era digitalisasi. Karena jika tidak, maka mereka akan ketinggalan zaman.

Baca juga : Gerindra Minta APBN Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

"Oleh karenanya saya berharap, kegiatan ini membuka wawasan para pelaku UMKM," ujar Melani, seraya membuka secara resmi acara tersebut dengan mengucap Basmalah.

"Semangat UMKM kita. Maju terus UMKM kita. Go digital UMKM. Sukses untuk kita semua," sambung Melani, sekaligus menutup sambutannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.