Dark/Light Mode

Anggota Komisi VII DPR: BLT BBM Diberikan Untuk Jaga Daya Beli Masyarakat

Rabu, 14 September 2022 12:43 WIB
Anggota Komisi VII DPR Lamhot Sinaga. (Foto: Ist)
Anggota Komisi VII DPR Lamhot Sinaga. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Rosdiana meyakini, bantuan sosial berupa BLT kepada masyarakat ini akan tepat sasaran. Asalkan, data para penerima bantuan itu lengkap, baik lewat data NPWP ataupun BPJS.

"Untuk pekerja-pekerja yang punya gaji di bawah Rp 3.500.000 tapi mereka berada di sektor yang terintegrasi dengan NPWP perpajakan, terintegrasi dengan BPJS misalkan mungkin itu bisa dengan mudah dan kalkulasi oleh pemerintah sehingga tepat sasaran kepada mereka," ungkapnya.

Baca juga : Harga BBM Sudah Dinaikin Subsidi Masih Bengkak Aja

Namun, Rosdiana mengingatkan pemerintah, masih banyak masyarakat yang bekerja pada sektor yang tidak terekam aktivitas pekerjaannya di administrasi kependudukan, dan administrasi keuangan. Sehingga, agak susah untuk mendata mereka agar mendapat bantuan pemerintah.

"Artinya apa? Pemerintah perlu merancang cara agar mereka-mereka yang bekerja dengan gaji kurang dari Rp 3,5 juta ini juga bisa mendapatkan subsidi gaji," sarannya.

Baca juga : Racikan Penyesuaian Harga BBM Sehatkan APBN Dan Jaga Daya Beli

Rosdiana menjelaskan, pemerintah harus mempunyai mekanisme pelaporan secara mudah, transparan dan bertingkat agar bisa mengawasi penyaluran bantuan dengan baik dan tidak salah sasaran.

Selain itu, perlu melibatkan aparat penegak hukum agar penyaluran bantuan berjalan baik dan tepat sasaran.

Baca juga : Keputusan Sulit Demi Masyarakat Terbawah

"Saya kira ini adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk supaya kebijakan subsidi ini tidak lagi salah sasaran, sehingga kita mulai belajar bahwa yang berhak adalah mereka yang sesuai dengan kriteria," jelasnya.

Kriteria itu ditentukan oleh pemerintah dan kriteria itu diketahui publik dengan baik. "Bila tersalurkan dengan baik, itu poinnya,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.