Dark/Light Mode

Arahan Kapolri Di Apel Kasatwil: Tingkatkan Performa Hingga Cegah Polarisasi

Rabu, 14 Desember 2022 20:06 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan pengarahan kepada pejabat utama, Kapolda hingga jajaran kewilayahan dalam kegiatan Apel Kasatwil di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (14/12).

Sigit menjelaskan, Apel Kasatwil merupakan ajang untuk melakukan refleksi dan evaluasi terkait dengan seluruh kinerja Polri selama satu tahun terakhir atau tahun 2022.

"Hari ini selama satu hari kita melaksanakan kegiatan Apel Kasatwil. Tentunya kegiatan ini adalah merupakan refleksi apa yang sudah kita laksanakan selama satu tahun ini," kata Sigit usai Apel Kasatwil.

Selain refleksi dan evaluasi, Sigit menuturkan bahwa, Apel Kasatwil ini juga untuk mematangkan konsep guna menghadapi seluruh tantangan Korps Bhayangkara kedepannya.

Baca juga : FIA UI Bantu Kota Depok Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

"Dan juga konsep-konsep yang kita persiapkan untuk melaksanakan tantangan tugas ke depan," tuturnya. 

Lebih dalam, Sigit mengungkapkan, dalam Apel Kasatwil tersebut juga ditekankan soal peningkatan kinerja di institusi Polri, khususnya memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat luas.

"Tentunya banyak hal yang kita diskusikan, mulai dari bagaimana kita bisa meningkatkan performa organisasi khususnya dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik," ucap Sigit.

Tak hanya itu, Sigit mengatakan, seluruh jajaran Polri juga harus melakukan persiapan yang matang dan baik serta profesional dalam menghadapi seluruh agenda nasional maupun internasional.

Baca juga : Rieke Ingatkan Pentingnya Data Desa Presisi Untuk Pembangunan

Mengingat, ke depannya Indonesia akan menghadapi beberapa event Internasional.

"Termasuk yang sudah kita laksanakan yaitu pengamanan KTT G20 dan ini menjadi salah satu pengalaman terbaik yang harus kita replikasi ke depan dalam menghadapi event-event internasional yang akan diselenggarakan. Karena Indonesia akan menjadi salah satu keketuaan ASEAN. Dan juga ada beberapa turnamen olahraga internasional yang harus kita amankan," papar Sigit.

Dari segi agenda nasional, Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk melakukan segala persiapan dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Dan yang paling terpenting, menurut Sigit, Polri harus menjadi garda terdepan dalam mencegah terjadinya polarisasi masyarakat pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Baca juga : Kesaksian Sambo Diragukan Pengacara Keluarga Brigadir J

Pasalnya, Sigit menekankan, persatuan dan kesatuan adalah nilai yang harus dijaga oleh seluruh elemen Bangsa Indonesia.

Sehingga mau tidak mau hal-hal terkait persiapan pengamanan baik dari sisi langkah-langkah preemtif dan preventif, langkah-langkah yang dilakukan Polri untuk mencegah polarisasi, menjaga persatuan dan kesatuan dengan melibatkan seluruh elemen bangsa menjadi bagian yang harus dipersiapkan.

"Di samping tentunya upaya-upaya kita untuk melakukan penegakan hukum terhadap kasus-kasus yang menjadi atensi dan perhatian masyarakat," tutur Sigit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.