Dark/Light Mode

Presidensi G20 Sukses, Indonesia Diyakini Mampu Pimpin ASEAN

Rabu, 25 Januari 2023 19:19 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam sambutannya pada diskusi daring bertema Tantangan ASEAN di Bawah Kepemimpinan Indonesia, yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (25/1). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam sambutannya pada diskusi daring bertema Tantangan ASEAN di Bawah Kepemimpinan Indonesia, yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (25/1). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan mengungkapkan tantangan yang dihadapi di masa kepemimpinan Indonesia di ASEAN sangat terkait dengan sejumlah target yang dicanangkan seperti ASEAN Matters yang bertekad menjadi episentrum pertumbuhan, sehingga harus mampu membangun ekonomi yang inklusif.

Selain itu, ujar Farhan, penuntasan krisis di Myanmar bisa menjadi kesempatan besar bagi Indonesia memperlihatkan perannya, saat menjadi Ketua ASEAN. Farhan berharap hibungan dengan para pemangku kepentingan di Myanmar lewat berlanjutnya misi bantuan kemanusiaan dengan memperhatikan ketepatan distribusinya.

"Tantangannya adalah ASEAN harus mampu membuat Myanmar berkomitmen untuk mematuhi sejumlah kesepakatan yang ada," ujarnya.

Baca juga : Agresif Ekpansi, BTN Syariah Buka Kantor Cabang Di Bandar Lampung

Tantangan lainnya, tambah Farhan, adalah dalam bentuk sejumlah persoalan perbatasan antara Tiongkok dan sejumlah negara ASEAN.

"Bagaimana kita mampu mengatasi potensi sengketa perbatasan itu sangat menentukan kesuksesan kepemimpinan Indonesia di ASEAN," pungkas Farhan.

Dosen Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada, Randy Wirasta Nandyatama berpendapat dalam menjalankan kepemimpinan di ASEAN, Indonesia bisa menerapkan konsep politik luar negeri Bebas Aktif yang digagas Bung Hatta.

Baca juga : Riko Dan Maman Sumringah Disambut Bobotoh

Menurut Randy, politik luar negeri yang bebas dan aktif mengedepankan nilai-nilai independensi dan berkomitmen serius terhadap antikolonial, mewujudkan perdamaian, serta membangun prinsip kerja sama.

Randy menilai saat ini kepemimpinan Indonesia di ASEAN menghadapi tantangan besar dalam hal legitimasi, sepanjang ASEAN belum mampu membuat Myanmar mematuhi sejumlah ketentuan ASEAN. Belum lagi tantangan di sektor kesehatan dan dampak perubahan iklim.

Namun Randy optimistis sejumlah tantangan tersebut dapat dijawab, mengingat banyak momen penting di kawasan ASEAN terjadi saat Indonesia menjadi Ketua ASEAN.

Baca juga : Ini 2 Pemain Anyar Laskar Sembada

"Tahun ini adalah kali ke enam Indonesia menjadi Ketua ASEAN," ujar Randy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.