Dark/Light Mode

Dukung Penguatan DPD

Puluhan Anggota Baru Teken Komitmen di Yogya

Rabu, 21 Agustus 2019 15:51 WIB
Anggota DPD GKR Hemas. (Foto: Istimewa).
Anggota DPD GKR Hemas. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Puluhan anggota baru Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menyimpulkan kewenangan lembaganya masih lemah. Untuk mendorong penguatan lembaga, mereka ramai-ramai menyatakan komitmennya mendukung penguatan kelembagaan dan kinerja kepemimpinan periode 2019-2024.

Dukungan itu dituangkan  dalam Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Selasa (20/8) siang. Fasilitator FGD yang juga anggota DPD, Asri Anas menilai, para anggota terpilih 2019-2024 sudah menyadari sumber kelemahan DPD terletak pada rumusan Pasal 22D UUD 1945.

Baca juga : Di Penghujung Masa Jabatan, DPD Tetap Komitmen Perjuangkan Daerah

“Itu sudah disadari sejak periode pertama DPR RI, yakni 2004-2009. Karena itu, sejak awal Ibu GKR Hemas memperjuangkan penyempurnaan pasal tersebut dengan memimpin pengusulan amandemen kelima UUD 1945,” tutus Asri Anas.

GKR Hemas yang kini terpilih untuk keempat kalinya, membenarkan hal itu. “Ya, kita akan terus memperjuangkan penguatan DPD dalam konteks membangun peran yang optimal dalam sistem ketatanegaraan dan upaya mengembalikan marwah dan bermartabat lembaga,” katanya saat memberikan sambutan kunci acara itu.

Baca juga : Kongres Luar Biasa PSSI Tetapkan Anggota Baru KP dan KBP

Anggota DPD yang menyatakan dukungan penguatan lembaga DPD kebanyakan dari provinsi di Pulau Jawa. Beberapa lainnya dari Lampung, Bali, Lombok, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Tenggara.

Surat pernyataan berisi delapan butir dukungan dan komitmen. Antara lain, meningkatkan integritas anggota, memperkuat komunikasi yang harmonis dengan Pemerintah dan DPR, serta mewujudkan kepemimpinan DPD yang memiliki karakter kuat, bermartabat, dan merupakan pemimpin berpengalaman di lembaga tersebut. [SRI] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.