Dark/Light Mode

Gobel: Jepang Serius Investasi Di IKN

Senin, 3 April 2023 15:30 WIB
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kedua kanan) bersama pimpinan delegasi pengusaha Jepang Hiroto Izumi (kedua kiri), Dubes Jepang untuk RI Kanasugi Kenji (kiri), dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel (kedua kanan) bersama pimpinan delegasi pengusaha Jepang Hiroto Izumi (kedua kiri), Dubes Jepang untuk RI Kanasugi Kenji (kiri), dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel menerima rombongan pengusaha Jepang yang berkunjung ke Ibukota Negara (IKN) Nusantara di rumah dinasnya, yang terletak di Jl Denpasar, Jakarta, Sabtu (1/4)

"Ini merupakan realisasi dari pertemuan sebelumnya di Tokyo, Jepang,” kata Gobel, Senin (3/4).

Sabtu (1/4) lalu, rombongan pengusaha Jepang melakukan kunjungan ke Titik Nol lokasi pembangunan IKN di Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur.

Mereka didampingi Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim, dan Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin.

Sementara delegasi pengusaha Jepang dipimpin Hiroto Izumi, penasihat senior The Building Center of Japan, Japan Bank for International Cooperation.

Baca juga : Tiongkok Perkuat Investasi Sub Sektor Peternakan di Indonesia

Hadir juga Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi.

Para pengusaha Jepang itu tergabung dalam Japan International Association for the Industry of Building and Housing (JIBH).

Kunjungan ini merupakan kelanjutan dari kunjungan delegasi Indonesia ke Jepang pada akhir Februari 2023.

Saat itu, delegasi Indonesia dipimpin Gobel, yang didampingi Kementerian PUPR dan Otorita IKN.

Dalam kunjungan ini, selain ke titik nol, para pengusaha Jepang itu juga berkunjung ke proyek pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi, yang akan menyuplai kebutuhan air IKN.

Baca juga : Ngabalin: Jangan Ragukan Keislaman Dan Integritas Erick Thohir

Mereka juga berkunjung ke proyek pembangunan Istana Presiden dan.hunian para pekerja konstruksi.

Pada Minggu (2/4), rombongan pengusaha Jepang itu diterima di rumah dinas Wakil Ketua DPR.

"Ini menunjukkan keseriusan Jepang untuk berinvestasi dan terlibat dalam pembangunan IKN. Juga wujud persahabatan dan saling percaya antara kedua negara,” kata Gobel.

Dia mengatakan, pembangunan IKN memiliki konsep ramah lingkungan dan juga smart city.

“Jepang memiliki pengalaman dalam pembangunan kota yang hijau, ramah lingkungan, dan menerapkan teknologi yang maju. Sangat cocok, jika Jepang berpartisipasi dalam pembangunan IKN ini,” ucap Gobel.

Baca juga : PIS Dukung Proses Investigasi Dan Mitigasi Kapal MT Kristin

Pembangunan IKN, selain untuk mengurangi beban ekonomi dan bebas sosial yang ditanggung Jakarta dan kota-kota lain di Jawa, juga ditujukan untuk menciptakan pemerataan ekonomi bagi kawasan timur Indonesia.

Dengan demikian, pembangunan dan pemindahan IKN ini dapat meningkatkan dan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Tak kalah strategis, konsep IKN ini akan menjadi model bagi kota-kota lain di Indonesia. Terutama, yang terkait konsep ramah lingkungan dan smart city,” tutur Gobel.

Gobel berharap, publik tak terpaku pada sikap politik, dalam melihat pembangunan dan pemindahan IKN ini.

“Lihatlah dari sisi sosial, ekonomi, dan hal-hal strategis lainnya bagi masa depan Indonesia. Ini akan menjadi warisan berharga bagi generasi muda Indonesia, dalam membangun optimisme, dan nilai-nilai yang bersifat progresif serta positif. Kita harus terbuka dan objektif dalam melihat IKN ini,” tegas Gobel. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.