Dark/Light Mode

Pimpin Rapim MPR, Bamsoet Lakukan Serah Terima Sekjen MPR

Selasa, 23 Mei 2023 23:26 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) menyaksikan serah terima jabatan Sekjen MPR. (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) menyaksikan serah terima jabatan Sekjen MPR. (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo melakukan serah terima jabatan Sekjen MPR dari Maruf Cahyono kepada Plt Sekjen MPR Janedjri M Gaffar. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 71/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Setjen MPR, memberhentikan dengan hormat Maruf Cahyono karena telah memasuki masa pensiun, terhitung sejak 3 Februari 2023.

"Kami seluruh Pimpinan MPR mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pak Maruf Cahyono atas segala kinerja, prestasi dan dedikasi selama menjabat sebagai Sekretaris Jenderal MPR dari tahun 2016 sampai 2023. Semoga setelah purnatugas dari MPR, Pak Maruf Cahyono dapat terus menyumbangkan tenaga dan pikiran bagi kemajuan bangsa dan negara," ujar Bamsoet, usai memimpin Rapat Pimpinan MPR di Jakarta, Selasa (23/5). 

Baca juga : Wisuda Doktor Ilmu Hukum Unpad, Bamsoet Ingatkan Perlunya Penguatan MPR

Hadir antara lain Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarifuddin Hasan, Arsul Sani, dan Fadel Muhammad.

Ketua DPR ke-20 ini menuturkan, Presiden Jokowi telah menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 72/TPA Tahun 2023 tentang Penunjukan Plt Sekjen MPR kepada Janedjri M Gaffar. Saat ini, Janedjri masih tercatat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam.

Baca juga : Terima Puteri Shaikha, Bamsoet Dorong Peningkatan Kerja Sama RI-Bahrain

"Pimpinan MPR meminta agar Plt Sekjen MPR agar segera menyelenggarakan pemilihan Sekjen MPR yang baru. Selain, mengisi jabatan-jabatan struktural yang masih kosong atau belum diisi oleh pejabat definitif melalui seleksi terbuka atau open bidding, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini, menambahkan Pimpinan MPR berencana akan mengundang para pimpinan partai politik dalam forum silaturahmi kebangsaan sebelum Pemilu. Dalam forum silaturahmi kebangsaan tersebut akan dibahas tentang mewujudkan Pemilu damai dan bahagia, serta menolak kampanye hitam serta politik identitas.

Baca juga : Pimpin Rapim MPR, Bamsoet Harap Kajian Utusan Golongan Segera Beres

"Kita berharap Pemilu 2024 bebas dari politik identitas dan kampanye hitam. Sebab, politik identitas sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Kita pernah merasakan itu dan residunya masih ada sampai hari ini. Kedepan kita harus bicara soal persaingan yang sehat. Siap bersaing dan siap bersanding, tanpa membawa isu-isu yang berpotensi memecah belah di antara sesama anak bangsa," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.