Dark/Light Mode

Mantap, MPR Lima Kali Raih WTP

Kamis, 12 September 2019 23:47 WIB
Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono raih WTP dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Kamis (12/9).
Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono raih WTP dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Kamis (12/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - MPR kembali meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. 

Predikat WTP merupakan penghargaan yang diberikan kepada lembaga negara, kementerian, pemerintah pusat dan daerah, serta BUMN yang mampu memberikan laporan keuangan sesuai dengan standar akutansi pemerintah.

“Kita sudah lima kali berturut-turut,” ujar Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono, Kamis (12/9). 

Baca juga : Lukaku Minta FA Tindak Tegas Aksi Rasisme

Ma’ruf mengaku, bersyukur atas keberhasilannya mempertahankan status WTP. Menurutnya, perolehan itu merupakan bukti bahwa Setjen MPR mampu mengelola keuangan dengan baik sehingga diapresiasi oleh BPK. 

“Kita mampu mengelola anggaran sesuai standar akutansi dan lain sebagainya sehingga bisa mempertahankan setiap tahun tanpa putus,” ujar pria asal Banyumas, Jawa Tengah, itu. 

MPR bisa rutin meraih WTP, kata Ma’ruf berkat kerja keras dari semua unit kerja. Dia mengakui, tak mungkin satu pengelolaan anggaran bisa dilakukan secara tertib dan sesuai aturan-aturan yang ada serta sesuai standar akuntansi.

Baca juga : Mantap, Lifter Pemula Asal Banten Raih Tiga Emas

Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa membuat sebuah lembaga negara meraih WTP. Pertama, harus disiplin dalam melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada khususnya di bidang pengelolaan anggaran. 
Kedua, setiap sumber daya manusia yang terlibat dalam pengelolaan anggaran  bisa melaksanakan tugasnya secara baik sehingga laporan keuangan yang disusun dan direncanakan bisa diselesaikan tepat waktu. 

“Ketiga, dengan pengelolaan anggaran yang tertib akan berdampak terhadap ketepatan dan kecepatan, pelayanan agar pelanggan, customer, para mitra kerja bisa puas dengan layanan-layanan kita,” paparnya.

Tak kalah penting menurut Ma’ruf adalah unsur keterbukaan dalam proses pengelolaan angaran untuk bisa memberi informasi yang terbuka kepada siapapun pihak yang mempunyai kepentingan.

Baca juga : Minta Pimpinan MPR Jadi 10, PPP Dilawan Kawan

Raihan WTP diakui mampu memberi motivasi kepada ASN. Capaian-capaian kinerja kegiatan dan anggaran menjadi satu bagian dari reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi merupakan suatu keniscayaan kalau kita ingin melakukan proses-proses pelaksanaan birokrasi secara baik. 

“Raihan WTP adalah bagian dari yang bisa menyemangati kepada sumber daya manusia dan ASN di lingkungan Setjen MPR,” tuturnya. [QAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :