Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

La Nyalla: Era Jokowi Percepat Pembangunan Indonesia Sentris

Selasa, 17 September 2019 12:45 WIB
La Nyalla Mahmud Mattalitti (Foto: Istimewa)
La Nyalla Mahmud Mattalitti (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPD RI terpilih, La Nyalla Mahmud Mattalitti, menyambut baik komitmen Presiden Jokowi yang memperkuat peran dan posisi lembaga senator dalam satu irama untuk mempercepat terwujudnya konsep pembangunan Indonesia sentris. Menurut dia, orientasi Jokowi membangun Indonesia secara menyeluruh dari Sabang sampai Merauke, dengan tujuan memajukan kesejahteraan umum, sesuai cita-cita pendiri bangsa, yakni negara maju dan berdaulat dalam bingkai NKRI serta Pancasila.

“Era baru percepatan pembangunan Indonesia telah dimulai Presiden Jokowi. Tentu eksekutif tidak bisa dibiarkan sendirian,” kata La Nyalla, di Jakarta, Selasa (17/9).

Dalam mewujudkan percepatan pembangunan Indonesia sentris ala Jokowi, La Nyalla akan mengajak para senator agar menjalin hubungan harmonis antarlembaga negara. Baik dengan DPR, MPR, maupun Presiden.

Baca juga : Gara-gara Asap, 80 Persen Penerbangan Di Pontianak Batal Terbang

“Ini bagi saya sangat penting. Karena tidak jarang kebuntuan yang terjadi di republik ini akibat kebuntuan komunikasi. Saya yakin, kalau kita duduk satu meja dan komunikasi dengan baik, semua kendala dan hambatan akan terpecahkan, akan lahir solusi-solusi yang win-win,” ujarnya.

La Nyalla menjelaskan, salah satu hubungan harmonis dengan Presiden adalah dukungan kepada DPD, yakni keterlibatan secara aktif senator dalam agenda pemerintah pusat di daerah. Karena, selama ini belum menjadi protap protokol kepresidenan bahwa anggota DPD bagian melekat dalam agenda pemerintah pusat di daerah. 

“Padahal, para senator sejatinya adalah figur yang mewakili seluruh elemen yang ada di daerah. Salah satu kewajiban sumpah senator memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politik kepada masyarakat di daerah yang diwakili,” katanya.

Baca juga : Tak Ragukan Agus Cs, Jokowi: Pengembalian Mandat Tak Dikenal UU

Selain itu, La Nyalla menilai hubungan harmonis dengan DPR juga tak kalah penting. Harusnya, kata dia, DPD dapat memberi kontribusi aktif dalam pembahasan anggaran transfer ke daerah. “Karena, anggaran tersebut jelas harus tepat sasaran dan memang benar-benar dibutuhkan oleh masing-masing daerah yang diwakili,” katanya.

Oleh karena itu, La Nyalla ingin memperbanyak ruang aksi positif bagi masing-masing anggota DPD. Menurut dia, semua bisa dilakukan bermitra dengan kementerian atau badan dan lembaga terkait bahkan langsung kepala daerah.

“Jadi tidak hanya melalui alat kelengkapan yang ada, tapi bisa memperbanyak ruang aksi positif lainnya. Ada banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan dengan muara satu tujuan, membantu mempercepat pembangunan dan memajukan kesejahteraan umum,” jelas dia.

Baca juga : Yayasan Hayandra Peduli Perluas Layanan Medis

Di kesempatan berbeda, Deputi IV Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo, mengatakan Jokowi memang memberikan peran dan fungsi DPD untuk mewujudkan program pembangunan pemerintah yakni Indonesia sentris. Karena, DPD punya peran menjaga persatuan dan kesatuan di daerah.

“Kebijakan Indonesia sentris Pak Presiden terutama daerah terluar, daerah terdepan, daerah pinggiran itu sangat sesuai dengan fungsi dan peran DPD. Jadi, tidak berorientasi di Jawa saja. Oleh karena itu, DPD ke depan akan lebih maksimal jika melihat kebijakan ini sebagai narasi yang diperjuangkan oleh teman-teman DPD,” tandasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.