Dark/Light Mode

Lakukan Gladi Resik

Bamsoet Pastikan Sidang Tahunan MPR Siap Digelar Besok

Selasa, 15 Agustus 2023 20:20 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) melakukan gladi resik Sidang Tahunan MPR Tahun 2023, di Gedung Nusantara MPR, Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) melakukan gladi resik Sidang Tahunan MPR Tahun 2023, di Gedung Nusantara MPR, Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) melakukan gladi bersih Sidang Tahunan MPR Tahun 2023, di Gedung Nusantara MPR, Jakarta, Selasa (15/8). Turut hadir Wakil Ketua MPR Yandri Susanto dan Hidayat Nur Wahid, serta Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus. Proses gladi resik berlangsung lancer. Bamsoet memastikan, Sidang Tahunan MPR 2023, siap digelar besok, Rabu (16/8).

Bamsoet mengungkapkan, dalam setiap penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR, Presiden Jokowi selalu menampilkan hal menarik, baik dari sisi pakaian maupun materi pidato. Di Sidang Tahunan MPR 2020, Jokowi mengenakan Pakaian Adat Suku Sabu dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Sidang Tahunan MPR 2021, Jokowi mengenakan Pakaian Adat Suku Baduy. Sedangkan di Sidang Tahunan MPR 2022, Jokowi mengenakan Pakaian Adat Baju Paksian dari Bangka Belitung.

Baca juga : Mantan Dirut BAKTI Sering Main Proyek

"Menarik untuk ditunggu dan disaksikan bersama, pakaian adat dari daerah mana yang akan dikenakan Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR 2023. Termasuk juga mendengar pidato yang akan disampaikan Presiden Joko Widodo terkait laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia," ujar Bamsoet, usai gladi resik.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, sama seperti tahun sebelumnya, Sidang Tahunan MPR 2023 kembali diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan Sidang Bersama DPR dan DPD. Sidang dipimpin dirinya, Ketua DPR Puan Maharani, serta Ketua DPD LaNyalla Mattalitti, yang duduk di mimbar pimpinan sidang.

Baca juga : Jelang Sidang Tahunan, Pimpinan MPR Akan Rapat Konsultasi dengan Jokowi

Di sebelah kanan mimbar sidang, terdapat kursi yang akan ditempati Jokowi. Sedangkan di sebelah kiri mimbar sidang terdapat kursi yang akan ditempati Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Bamsoet menerangkan, sidang akan dimulai pukul 09.30 WIB. Sidang ini dihadiri 1.549 undangan. Antara lain Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden, mantan Ketua MPR /DPR/DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri, ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan di DPR, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan serta perwakilan teladan dari seluruh nusantara.

Baca juga : Jadi Tersangka Penistaan Agama, Panji Gumilang Ditahan Di Rutan Bareskrim

Wakil Ketua Umum Partrai Golkar ini menerangkan, penampilan orkestra dan paduan suara akan kembali diisi oleh para taruna/taruni Sekolah Tinggi Intelijen Negara-Badan Intelijen Negara (STIN-BIN). Selain membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, serta lagu nasional Padamu Negeri, orkestra dan paduan suara STIN-BIN juga akan membawakan lagu-lagu daerah untuk menguatkan semangat Bhineka Tunggal Ika sekaligus memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Sedangkan untuk pembacaan doa, akan dipimpin Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar.

"Masyarakat bisa menyaksikan secara langsung jalannya Sidang Tahunan MPR 2023 melalui berbagai saluran stasiun televisi maupun melalui live streaming di kanal YouTube MPR RI Official," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.