Dark/Light Mode

Keren, Gorontalo Bakal Punya Rusun Lansia Miskin, Kualitas Setara Hotel

Jumat, 25 Agustus 2023 15:42 WIB
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel (kiri), saat meninjau lokasi pembangunan rusun untuk lansia di Gorontalo, Jumat (25/8). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel (kiri), saat meninjau lokasi pembangunan rusun untuk lansia di Gorontalo, Jumat (25/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmat Gobel happy, karena Gorontalo akan memiliki rumah susun (rusun) untuk lansia di Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Kualitasnya, setara hotel.

“Ini bagian dari membangun peradaban baru. Salah satunya, dengan memberikan penghormatan kepada para orangtua kita,” kata Gobel, saat mengunjungi lokasi pembangunan rusun untuk lansia di Gorontalo, Jumat (25/8).

Pembangunan rusun lansia ini, ditargetkan selesai pada Oktober mendatang.

Rusun yang dibangun di atas lahan 9 ribu meter persegi itu, terdiri dari tiga lantai, berbentuk dua tower kembar yang terhubung dan terintegrasi.

Total, ada 76 ruang, yang masing-masing berukuran 36 meter persegi. Setiap ruang, dilengkapi toilet.

Baca juga : PAN Minta Pemprov DKI Gerak Cepat Perbaiki Kualitas Udara Jakarta

Rusun lansia ini dilengkapi lift, tangga, dan jembatan untuk kursi roda dari lantai satu menuju lantai tiga.

Dilengkapi klinik, minimart, ruang jenazah, dapur umum, kantin, klinik, mushola. Serta klinik fisioterapi dan ruang olahraga.

Gobel menuturkan, pembangunan rusun lansia ini diilhami, saat ia blusukan ke kampung-kampung selaku anggota DPR.

Dia mengaku sering menjumpai lansia, yang menempati gubuk yang kurang layak huni. Mereka tinggal sendirian.

"Saya mengaku trenyuh menyaksikan hal itu," ungkapnya.

Baca juga : Keluarga Dan Tokoh Masyarakat Punya Peran Penting Cegah Penyebaran Terorisme

Karena itu, selaku anggota DPR, Gobel mengajukan program untuk menampung para lansia miskin tersebut.

Program ini diluluskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Anggaran pembangunan rusun ini berjumlah sekitar Rp 37 miliar. Rusun dengan kualitas seperti ini, merupakan yang pertama di Indonesia.

“Saya berpesan, agar rusun ini dibangun dengan benar, sesuai ketentuan dan selesai tepat waktu. Ini akan menjadi pahala. Ini harus menjadi rumah surga. Harus diingat, bangsa yang besar adalah bangsa yang memuliakan para orang tuanya. Tak ada kita tanpa orang tua,”  ujar Gobel.

Dia mewanti-wanti, agar rusun ini dikelola dengan baik dan benar. Pertama, pemilihan penghuninya harus tepat dan objektif. Tak boleh ada pilihan subjektif. Mereka harus orang miskin.

Baca juga : Perpusnas Dukung Peluncuran Buku Perang Rusia Vs Ukraina Karya TNI

Kedua, wajib dikelola dengan profesional. “Harus dikelola dengan hati dan dengan niat ibadah. Ini bagian dari bakti kita kepada orang tua dan masyarakat,” ucap Gobel.

Selain di Tapa, Bone Bolango, sebanyak 15 rumah untuk lansia juga dibangun di Kabupaten Pohuwato.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.