Dark/Light Mode

Lestari Ajak Tumbuhkan Nilai Toleransi Dan Kebhinnekaan

Rabu, 1 November 2023 20:23 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan, nilai-nilai toleransi penting untuk terus ditumbuhkan dan ditanamkan pada setiap anak bangsa di tengah tantangan yang dihadapi kebhinnekaan Indonesia.

"Bagaimana kita semua menyadari bahwa perbedaan yang kita miliki ini memerlukan tata kelola yang berkelanjutan," kata Lestari saat membuka diskusi daring bertema Pentingnya Nilai-Nilai Toleransi dalam Keberagaman Indonesia yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (01/11/2023).

Baca juga : First Care Ajak Perempuan Indonesia Peduli Kesehatan Reproduksi

Diskusi yang dimoderatori Abdul Kohar (Jurnalis Senior Media Indonesia) itu menghadirkan Brigjen. Pol. Dr. Ahmad Ramadhan (Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri), Prof. Dr. Komaruddin Hidayat (Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia) dan Inayah Wulandari Wahid (Aktivis Jaringan Gusdurian) sebagai narasumber. Selain itu, hadir pula Eva Yuliana (Anggota Komisi III DPR RI) sebagai penanggap.

Menurut Lestari, sebelum terbentuk menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sudah ada kesadaran akan perbedaan tumbuh dan menjadi satu-kesatuan dalam dinamika mencapai kemerdekaan.

Baca juga : Samsung Ajak Konsumen Rayakan Hari Jadi 54 Tahun Di Samsung Week

Sebagai entitas yang merdeka dan berdaulat, tambah Rerie sapaan akrab Lestari, Indonesia juga memiliki konsensus kebangsaan (empat pilar) yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Namun, tegas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, perkembangan dunia menciptakan tantangan baru pada keragaman Indonesia. Setara Institute mencatat rata-rata Indeks Kota Toleran (IKT) nasional pada 2022 mencapai nilai 5,03, sedikit menurun jika dibandingkan dengan 2021 yang mendapat nilai 5,24.

Baca juga : HUT ke 25 Tahun, RSPB Terus Tumbuh dan Berinovasi di Dunia Kesehatan

Hal itu, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, menunjukkan kondisi toleransi di Indonesia masih stagnan dan belum mencapai nilai yang signifikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.