Dark/Light Mode

Ketua Komisi I DPR: Fit And Proper Test Calon Panglima Digelar Senin Depan

Kamis, 9 November 2023 15:23 WIB
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. (Foto: Ist)
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi I DPR akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan kepada calon tunggal Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, pada Senin depan (13/11/2023).

"Penyampaian visi dan misi, yang biasa disebut fit and proper test, itu akan dilakukan hari Senin, tanggal 13 November, pagi," kata Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2023)

Meutya menyampaikan, DPR mulai memproses pergantian Panglima TNI setelah menerima Surat Presiden (Surpres) tentang penunjukan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Baca juga : Anggota Komisi IV DPR Lantang Minta Anggaran Pertanian Ditingkatkan

Agus Subiyanto diusulkan sebagai calon panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang pensiun pada 26 November 2023. Proses pergantian dimulai dengan pembentukan Badan Musyawarah, verifikasi administrasi, fit and proper test, dan verifikasi faktual. 

Verifikasi administrasi calon panglima TNI pada Jumat (10/11). Dalam proses verifikasi ini, calon panglima TNI diminta melengkapi sejumlah berkas, yaitu daftar riwayat hidup, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Tahun 2022, Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Tahun 2022, dan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.

"Ini kami lakukan esok, satu hari penuh, di hari Jumat," tambah Meutya.

Baca juga : DPR Jadwalkan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Pekan Depan

Meutya lantas menjelaskan, uji kelayakan calon panglima TNI pada Senin pagi (13/11), dengan agenda penyampaian visi dan misi itu, akan dijadwalkan berlangsung secara terbuka selama 30 menit. Jika ada ada pendalaman yang mungkin memerlukan kerahasiaan, maka rapat akan digelar tertutup. 

"Di awal kami akan buka dulu untuk bisa diketahui publik semua apa visi misi dari calon panglima," jelasnya.

Selanjutnya, Komisi I DPR akan memberikan persetujuan dalam rapat internal terkait hasil uji kelayakan yang diikuti calon panglima TNI. Di hari yang sama, Komisi I DPR akan  melakukan verifikasi faktual, dengan mengunjungi kediaman pribadi Jenderal Subiyanto. "Tempatnya kami masih belum tahu, tetapi itu juga direncanakan selesai seluruhnya di tanggal 13 November," katanya.

Baca juga : Ketua Fraksi PKS DPR: Stop Penjajahan Israel, Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Setelah verifikasi faktual, Komisi I DPR lalu bersurat kepada pimpinan DPR untuk meminta persetujuan pada Rapat Paripurna DPR atas hasil uji kelayakan calon Panglima TNI.

Sebelumnya, Selasa (31/10), Ketua DPR Puan Maharani mengatakan DPR telah Agus Subiyanto dilantik sebagai KSAD baru pada Rabu (25/10) untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang purnabakti pada 19 November 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.