Dark/Light Mode

Fadel: Nilai Luhur Bangsa Pondasi Kuat Bangun Indonesia

Senin, 13 November 2023 21:22 WIB
Wakil Ketua MPR Prof. Fadel Muhammad saat Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR dengan DPP Pemuda Merga Silima DPP PMS, di Sei Asahan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (13/11/2023). Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR Prof. Fadel Muhammad saat Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR dengan DPP Pemuda Merga Silima DPP PMS, di Sei Asahan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (13/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Prof. Fadel Muhammad mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dan tugas MPR RI adalah ingin agar Indonesia mampu tumbuh dan berkembang, bahkan menjadi negara maju.

Untuk mencapai itu, tentu saja tidaklah mudah. Selain kemampuan dari sisi penguasaan ilmu dan teknologi, bangsa Indonesia harus memiliki pondasi yang sangat kuat, yakni harus mampu memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa.

"Pondasi ini tidak boleh diremehkan, seperti sebuah bangunan, jika pondasinya tidak kuat maka bangunan sebagus apapun akan hancur," ujarnya, dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR dengan DPP Pemuda Merga Silima (DPP PMS), di Sei Asahan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (13/11/2023).

Baca juga : Nilai Kepahlawanan Ratu Kalinyamat Dorong Perempuan Indonesia Bangkit

Ada pun nilai-nilai luhur bangsa yang dimaksud, lanjut Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI ini adalah, Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kami menyebutnya sebagai Empat Pilar MPR RI. Karena keberadaannya yang sangat penting buat bangsa, UU kemudian memberikan amanah kepada MPR untuk melakukan upaya pemasyarakatan atau Sosialisasi Empat Pilar kepada seluruh rakyat Indonesia," jelas mantan Gubernur Provinsi Gorontalo dua periode ini.

Diungkapkan Fadel Muhammad, Sosialisasi Empat Pilar MPR bukanlah hal yang baru buat bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar sudah lama ada dalam ingatan dan hati seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga : Jadwal Piala Dunia U-17, Babak Penyisihan, Live SCTV Dan Indosiar Mulai Sore Ini

Contohnya, Pancasila. Sebagai ideologi negara, Pancasila tidak tergoyahkan sejak Pancasila tercipta.

"Berbagai ideologi baik kanan dan kiri yang diniatkan untuk mengganti Pancasila, ternyata sampai saat ini tertolak oleh seluruh rakyat Indonesia. Pancasila tetap menancap kuat sebagai ideologi negara. MPR saat ini hanya berupaya untuk melakukan pemahaman kembali atau mengingatkan kembali Pancasila," terangnya.

Acara sosialisasi sendiri berlangsung sangat ramai, serius tapi santai. Respon seluruh peserta sangat luar biasa. Apalagi, saat sesi dialog interaktif dan tanya jawab.

Baca juga : Pelatih Timnas Spanyol U-17 Kagumi Keramahan Warga Indonesia

Moderator sampai harus berupaya keras mengatur peserta, yang sangat antusias memberikan pertanyaan atau sekedar berdiskusi pendek.

Fadel Muhammad bersama Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara Dr. Badikineta Sitepu sebagai narasumber utamapun dengan lugas menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan merespon diskusi yang dilakukan peserta.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Hana Hasanah Shahab, Pimpinan dan anggota DPP PMS dan sekitar 200 lebih peserta sosialisasi dari berbagai elemen dan organisasi masyarakat serta mahasiswa seperti, Perempuan Batak Indonesia Sejahtera (PBIS), Parsadaan Pomparan Toga Sinaga (PPTS), DPP Wanita Pujakesuma dan Persatuan Rohaniawan Sumatera Utara (Persura), Himpunan Masyarakat Nias, Persatuan Mahasiswa Katolik (PMKRI), Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.