Dark/Light Mode

Inovasi Teknologi Redam DBD

Banyak Hoaks, Informasi Wolbachia Kurang Optimal

Senin, 20 November 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Untuk itu, dia mengajak semua pihak untuk menyikapi kondisi ini dengan asas kehati-hatian, terutama saat membuat statemen, khususnya lewat me­dia sosial. Walau diakuinya, setiap kebijakan Pemerintah, sudah barang tentu berdasarkan satu penelitian dan berdasarkan keilmuan. “Artinya, kebijakan itu akhirnya diambil berdasar­kan suatu rangkaian panjang,” jelasnya.

Handoyo mengatakan, ino­vasi atau penerapan Wolbachia untuk memberantas DBD sudah diterapkan di banyak negara. Negara-negara yang meman­faatkan teknologi Wolbachia antara lain Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuathu, Mexico, Kiribathi, New Caledonia, Sri Lanka, dan lainnya.

Baca juga : Disebar Untuk Tekan Kasus DBD, Nyamuk Wolbachia Bukan Hasil Rekayasa Genetik

Indonesia pun sudah melaku­kan langkah penelitian atas ino­vasi tersebut. Penelitian tersebut dilakukan sejak 2011 di Yogya­karta dengan dukungan filan­tropi Yayasan Tahija. Penelitian dilakukan melaui fase persiapan dan pelepasan aedes aegypti berwolbachia dalam skala ter­batas (2011-2015). Hasilnya, Wolbachia ini dapat melumpuh­kan virus dengue dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti, sehingga virus tidak menular ke dalam tubuh manusia.

Untuk meredam pro kontra di masyarakat ini, Handoyo menyarakan agar para pihak duduk bersama. Jangan sampai kegundahan semakin meluas. Walaupun, kebijakan ini didasari niat baik, namun imbasnya telah memicu kekhawatiran berlebi­han di masyarakat, sehingga malah kontra produktif.

Baca juga : Genjot Teknologi, Amar Bank Raih Penghargaan Most Innovative Digital Bank

Dia pun meminta Pemerintah, segera mengambil alih kebijakan program ini dan mensosialisasi­kan kepada para pemangku ke­pentingan. “Sehingga penerapan program ini (Wolbachia) bisa diterima masyarakat dan tidak memincu kekhawatiran akibat komunikasi yang kurang opti­mal,” ucapnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 20/11/2023 dengan judul Inovasi Teknologi Redam DBD, Banyak Hoaks, Informasi Wolbachia Kurang Optimal

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.