Dark/Light Mode

Moncer Di Pemilu 2024

Zulhas Diminta Pimpin PAN Lagi

Jumat, 26 April 2024 07:30 WIB
WAKIL Ketua Umum PAN, Yandri Susanto
WAKIL Ketua Umum PAN, Yandri Susanto

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dinilai sukses membawa partai pada Pemilu 2024. Seluruh kader pun mendukung Zulhas sapaan karib Zulkifli Hasan memimpin kembali partai berlogo matahari itu.

WAKIL Ketua Umum PAN, Yandri Susanto mengungkap­kan, seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN se-Indonesia meminta Zulhas kembali menakhodai PAN 5 tahun mendatang. Keberhasilan PAN dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tak lepas dari ke­piawaian kepemimpinan sosok Menteri Perdagangan itu.

"Permintaan agar Bang Zul kembali memimpin sudah men­jadi aspirasi seluruh DPW dan DPD PAN," jelas Yandri dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, Kamis (25/4/2024).

Baca juga : PDIP Buka Pendaftaran,Golkar Melirik Kapolda

Dikatakan, seluruh kader dan pengurus menilai, kepemimpi­nan Zulhas berhasil meningkat­kan kursi PAN di DPR. Mantan Menteri Kehutanan itu juga ber­hasil merapat ke gerbong yang te­pat dengan mendukung Prabowo-Gibran yang telah memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

"Aneh kalau masih ada pengu­rus DPD, DPW, atau malah DPP PAN yang tidak mendukung Bang Zul untuk menjadi Ketum PAN kembali," ujarnya.

Dalam penilaiannya, Zulhas juga sosok pekerja keras dan konsisten dalam memperjuangkan partai. Mantan Wakil Ketua MPR ini juga piawai merangkul berbagai pihak. PAN, kini disegani dalam kancah perpolitikan nasional. "Kami harap Bang Zul bersedia untuk memimpin PAN kembali 5 tahun ke depan," pinta Yandri.

Senada, Ketua DPD PAN Kabupaten Lebong, Carles Ronsen bersama jajaran pengurus men­dukung Zulhas menahkodai PAN periode 2025-2030. Zulhas berhasil membawa PAN meraih 7,24 persen dalam Pileg 2024. Zulhas juga sukses menjabat di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Dari 6 persen naik jadi 7 persen lebih. Ini prestasi Bang Zul," ujarnya

Baca juga : Aturan Buka Tutup Toko Di Daerah Mesti Dipatuhi

Ketua DPW PAN Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusli Dg Palabbi menyebut seluruh jaja­rannya hingga DPD se-Sulteng, memberikan dukungan penuh kepada Zulhas.

Selain elektoral PAN yang meningkat, Zulhas dinilai ber­hasil membangun infrastruktur PAN. Salah satunya, kantor DPP PAN yang megah. Dia juga disebut sangat rajin turun ke daerah memberikan motivasi kepada seluruh kader hingga ke akar rumput.

DPW PAN NTT tegas memastikan dukungan ke Zulhas kembali menjabat sebagai orang nomor satu di partai ini. Keputusan ini diambil dalam forum Rakorwil.

"DPW PAN NTT tidak ada nama di luar Zulkifli Hasan," tegas Ketua DPW PAN NTT, Ahmad Yohan.

Baca juga : Syarief: MPR Siap Sambut Presiden-Wapres Terpilih

Zulhas sudah dua periode menjadi Ketua Umum PAN. Pada Kongres IV dan V, Zulkifli Hasan diberi kepercayaan oleh semua kader PAN. Zulhas berhasil memimpin PAN dua kali setelah Amien Rais. Adapun Kongres PAN akan digelar tahun 2025. Jika kembali terpilih, Zulhas bakal menjabat sebagai Ketum periode 2025-2030.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.