Dark/Light Mode

Catatkan Sejarah

LaNyalla Bangun Kantor Perwakilan DPD RI Jatim

Senin, 13 Mei 2024 07:10 WIB
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti(kelima kiri) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Senin (13/5/2024). Turut hadir dalam acara Gubernur-Wakil Gubernur Jatim Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono, dan sejumlah anggota DPD RI.
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti(kelima kiri) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Senin (13/5/2024). Turut hadir dalam acara Gubernur-Wakil Gubernur Jatim Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono, dan sejumlah anggota DPD RI.

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jatim Periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa berharap, keberadaan Kantor Daerah DPD RI di Jatim akan memberikan ruang partisipatoris dari masyarakat dan daerah yang diwakili oleh anggota DPD RI.

“Kami bangga, Ketua DPD RI berasal dari Jatim. Ini men­jadi kekuatan besar bagi Jatim. Makanya, kami support se­hingga keberadaan kantor daerah akan memudahkan dalam men­jaring aspirasi dan mengawalnya hingga terealisasi oleh pemerin­tah pusat,” ujar Khofifah.

Adanya Kantor DPD RI di Jatim, lanjut dia, diharapkan semakin memperkuat Jatim yang merupakan centre of gravity Indonesia. “Ketika IKN Nusantara sudah berjalan, secara de jure ibukota negara di sana. Tapi, secara de facto ibukota negara itu ada di Jawa Timur,” tegasnya.

Baca juga : Senayan Yakin Anggotanya Kredibel Dan Berintegritas

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI, Rahman Hadi menjelas­kan, proses hibah tanah Gedung DPD RI Jatim diawali saat Ketua DPD RI menyampaikan secara lisan kepada Gubernur Jatim, ketika berkunjung ke Kantor Gubernur Jatim, pada 1 November 2019. Kemudian, Kesekjenan DPD RI menindaklanjuti dengan mengirim surat resmi pada 24 Februari 2021, dan hibah tanah terealisasi dengan luas 2.000 meter persegi.

“Karena Moratorium pem­bangunan gedung kementerian negara atau lembaga oleh Men­teri Keuangan belum dicabut, Ketua DPD RI meminta ke­pada Ibu Khofifah, agar di­berikan bantuan pembangunan melalui mekanisme Naskah Perjanjian Hibah Daerah dalam bentuk uang dengan total Rp 16.277.000.000,” katanya.

Di atas tanah seluas 2.000 meter itu, lanjut Rahman, akan berdiri Gedung Kantor 2,5 lantai dengan total luas lantai sebesar 1.714,6 meter persegi. Di dalam­nya, terdapat 6 ruang Anggota DPD RI, 1 ruang Staf Ahli Anggota DPD RI, 1 ruang kepala kantor, 2 ruang sekretariat, 1 ruang serbaguna, 1 ruang rapat,1 musholla dan beberapa ruang pendukung lainnya.

Baca juga : Airlangga Genjot Kerja Sama Global

“Proses pembangunan diren­canakan akan selesai dalam kurun waktu 6 bulan terhitung mulai tanggal 18 April 2024 sampai dengan 19 September 2024,” tandasnya.

Selain Ketua dan Sekjen DPD RI, acara peletakan batu pertama sekaligus pemberian santunan kepada anak-anak yatim itu dihadiri Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono, dan anggota DPD RI dapil Jatim Evi Zainal Abidin dan Adilla Aziz. Selain itu, acara tersebut dihadiri sejumlah anggota DPD RI, di antaranya Habib Ali Alwi (Banten), Andi Muh Ihsan dan Tamsil Linrung (Sulsel), Elviana (Jambi), Amang Syafruddin (Jabar), Alirman Sori (Sumbar), serta unsur Forkopimda Jatim. ONI/TIM

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 8, edisi Selasa, 14 Mei 2024 dengan judul "Catatkan Sejarah LaNyalla Bangun Kantor Perwakilan DPD RI Jatim"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.