Dark/Light Mode

Pesan Ketua MPR

Corona Bisa Ditaklukkan, Asal Kita Bersatu dan Bergotong Royong

Kamis, 2 April 2020 19:41 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) saat memberikan dukungan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin oleh Letjen Donny Monardo, di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/4). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) saat memberikan dukungan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin oleh Letjen Donny Monardo, di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak mengucilkan dokter dan tenaga medis kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Justru mereka adalah pahlawan kemanusiaan yang berperang di barisan paling depan dengan nyawa sebagai taruhannya. 

"Di tengah keterbatasan alat perlengkapan diri (APD) di berbagai rumah sakit akibat pandemi Covid-19, para dokter dan tenaga kesehatan tetap mendermakan dirinya menangani para pasien walaupun mereka menyadari risiko kesehatan dan keselamatan dirinya. Kita justru harus memberikan dukungan dengan menyumbangkan APD atau minimal memberikan apresiasi dan doa. Bukan malah justru mengucilkan mereka," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, usai memberikan dukunganke Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin oleh Letjen Donny Monardo, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (2/4).

Baca juga : Prihatin Nasib Ojol, Tukang Sate Bagikan Ratusan Boks Nasi

Turut dalam kunjungan yang diterima langsung Kepala BNPB Doni Monardo ini, tiga Wakil Ketua MPR. Mereka adalah Ahmad Basarah, Jazilul Fawaid, dan Arsul Sani.

Bamsoet memaparkan, berdasarkan data per 1 April 2020, penyebaran virus Covid-19 masih sangat mengkhawatirkan. Secara global, sebanyak 750.890 kasus terkonfirmasi dengan kasus kematian sebanyak 36.405 jiwa. Sedangkan di Indonesia, data terbaru menunjukkan ada 1.790 kasus, dengan 170 meninggal, dan 112 sembuh.

Baca juga : Pandemi Corona, 3 Orangutan Dipindahkan Ke Bukit Kubang

"Situasi buruk akibat pandemi Covid-19 hanya dapat dihentikan dan dapat kita taklukan dengan kedisiplinan setiap warga negara dan gotong royong di antara semua pihak. Termasuk pemerintah pusat dan daerah. Karena itu, bagi warga masyarakat di mana pun berada, perlu ditekankan kembali 5 hal kedisiplinan yang harus dilakukan, yaitu: di rumah saja, dilarang berkumpul, cuci tangan pakai sabun, tidak mudik dan tidak piknik, jika sakit gunakan telemedicine atau datangi fasilitas kesehatan terdekat," tegas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga menegaskan komitmen MPR untuk memastikan pemerintah dan seluruh elemen bangsa bersatu padu melawan Covid-19. Secara khusus, MPR menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter, tenaga medis, relawan, pelayan masyarakat dan pekerja kemanusiaan di seluruh penjuru Nusantara, yang telah berjuang di garda terdepan dalam penanggulangan pandemi Covid-19. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.