Dark/Light Mode

HNW Bagi-bagi Sembako ke TKI Terisolasi di Malaysia

Minggu, 19 April 2020 20:04 WIB
Penyerahan bantuan dari Hidayat Nur Wahid kepada TKI di Malaysia (Foto: Istimewa)
Penyerahan bantuan dari Hidayat Nur Wahid kepada TKI di Malaysia (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid memberikan bantuan kepada TKI/PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang berada di wilayah Semenanjung (Kuala Lumpur), Selangor, Penang, hingga ke perkebunan di Sabah dan Serawak. Bantuan yang distribusikan dalam bentuk sembako yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng, telur, mie instan, serta masker. 

"Untuk beberapa daerah, bantuan di berikan dalam bentuk voucher belanja di warung untuk memudahkan distribusi," kata Hidayat, dalam keterangannya, Minggu (19/4).

Baca juga : Kemristek Berikan Paket Sembako Ke Ojol Hingga Penjual Makanan

Sejak 19 Maret 2020, Malaysia melakukan Perintah Kawalan Pergerakan atau Movement Control Order (MCO), dalam istilah Indonesia semacam PSBB, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Kebijakan Malaysia, yang merupakan salah satu tujuan utama pekerja migran, tentu saja berdampak langsung kepada kehidupan mereka yang mencari nafkah di sana, yang mayoritas bekerja di sektor jasa, konstruksi, pekerja kebun sawit dan pabrik.

Dalam kesempatan itu, HNW juga meminta pemerintah melaksanakan kewajiban negara terhadap WNI di luar negeri, termasuk yang menjadi TKI/PMI. Politikus PKS itu berharap, pemerintah menyiapkan bantuan, program dan skema keuangan untuk pekerja migran yang terdampak langsung krisis Covid-19. Tidak hanya di Malaysia, namun juga di negara tujuan pekerja migran lainnya seperti di Arab Saudi.

Baca juga : Putri Kartel Narkoba Meksiko Bagi-bagi Sembako di Tengah Pandemi Corona

"Saya sudah sampaikan ke Pimpinan Komisi I DPR yang membidangi luar negeri, serta Pimpinan Komisi IX yang membidangi tenaga kerja, agar mereka mem-follow up surat-surat dari PMI dan membantu untuk terwujudnya harapan PMI di Malaysia dan Saudi Arabia," katanya.

PMI di pedalaman Malaysia menyambut gembira datangnya bantuan tersebut. Aswar, pekerja asal Sulawesi Selatan, selaku mandor perkebunan di Serawak, mengucapkan terima kasih. "Saya mewakili teman-teman mengucapkan terimakasih, bisa dapat bantuan ini, agar kami bisa bertahan hidup. Karena saat ini banyak teman-teman yang tidak bisa kerja akibat ladang dan pabriknya tutup. Sementara gaji kami dihitung harian, sehingga kami tidak ada pendapatan," ujar Aswar. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.