Dark/Light Mode

Cegah Kemiskinan, Solidaritas dan Kedermawanan Sosial Jadi Solusi 

Kamis, 4 Juni 2020 17:10 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Foto: Instagram)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Transformasi nilai-nilai Pancasila di masa pandemi Covid-19, bisa dilakukan dengan menerapkan tahapan dalam metode manajemen perubahan karya Otto Scharmer, yang dikenal Teori U.

"Proses inti dalam teori U adalah observe, retreat-reflect and act. Karena itu,  langkah pertama penerapan nilai-nilai Pancasila adalah lewat pengoptimalan ruang mendengarkan setiap persepsi dalam perumusan kebijakan.  Mengamati dinamika sosial dampak dari tantangan, membentuk pola pikir positif untuk membangun kesadaran sosial," papar Rerie.

Baca juga : Atasi Kemacetan, Pemprov DKI Uji Coba Penataan Kawasan Stasiun Tanah Abang

"Perwujudan kebijakan pun bersumber dari hasil musyawarah, sehingga pembentukan sistem atau model aksi bisa diimplementasikan," ujarnya.

Di akhir pemaparannya, Rerie mengajak agar pemerintah menjalin kolaborasi yang baik dengan masyarakat dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Baca juga : Komisaris dan Direksi Pertamina Sapa Pelanggan Setia

"Kita tak hanya berhadapan dengan wabah, tetapi juga ujian terhadap kemanusiaan. Kita bisa memilih, memberi yang terbaik bagi generasi berikut atau mengulang siklus kelalaian yang sama.  Keputusan kini tentukan masa depan.  Biarkan mereka mengingat, kita pernah dan telah bekerja keras melawan pandemi," tandasnya.

Sementara itu, Rosihan Arsyad, anggota Board Of Trustee United in Diversity berpendapat, setiap zaman memiliki tantangannya masing-masing dan dia percaya Pancasila memiliki semua jawaban atas tantangan itu. 

Baca juga : Kesadaran Keamanan Minim, Indonesia Jadi Bulan-bulanan Hacker

"Tetapi semua itu tergantung manusia yang melaksanakannya. Perubahan di dunia berawal dari perubahan perilaku manusianya," ujar Rosihan, sambil mengingatkan perlunya menanamkan pola sikap berdasarkan ideologi bangsa bagi generasi penerus untuk mempertahankan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila.

Gubernur Lemhannas Agus Widjojo mengingatkan saat ini banyak ideologi-ideologi dari luar yang ditawarkan di tengah informasi dunia yang semakin terbuka. "Penguatan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara harus terus dilakukan," ujarnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.