Dark/Light Mode

Segera Siapkan Fasilitas Vaksinasi Covid 19

Fadel: Jangan Sampai Kita Kelabakan Karena Tak Siap

Selasa, 15 September 2020 22:04 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad meminta, pemerintah agar segera menyiapkan seluruh fasilitas vaksinasi Covid-19 sampai ke tingkat puskesmas. Hal itu perlu disiapkan sejak dini untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19.

Menurut Fadel, persiapan fasilitas vaksinasi hingga ke tingkat puskesmas tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu waktu yang panjang untuk menyiapkan jarum suntik, alkohol, tempat penyimpanan vaksin, alat angkut, distribusi dan lainnya.

Baca juga : Bersama MUI, Erick Bakal Uji Halal Vaksin Covid Sampai ke Negeri China

"Itu pekerjaan yang sulit dan membutuhkan waktu. Jangan sampai ketika vaksin sudah diproduksi, sekitar akhir tahun ini (2020) kita baru kelabakan mempersiapkan fasilitas vaksinasi untuk Covid-19," katanya usai melakukan kunjungan ke Kantor Biofarma di Bandung, Selasa (15/9).

Fadel mengungkapkan vaksin Covid-19 sudah mulai diproduksi BUMN Biofarma pada akhir tahun ini. Sementara bahan baku untuk vaksin Covid-19 dari China sudah tersedia pada bulan Nopember 2020. 

Baca juga : Relawan Siaga dan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Bantu Korban Kebakaran di Jatinegara

"Paling tidak bulan Januari atau Februari 2021, BPOM akan mengeluarkan ijin khusus untuk vaksin Covid-19," ujarnya.

Mantan Gubernur dua periode itu juga berharap pemerintah bisa menanggung biaya vaksin bagi masyarakatnya. Terutama yang tak mampu.

Baca juga : Daya Kebal Vaksin Covid-19 Berjangka Waktu Dua Tahun

Namun demikian, dia  membuka kemungkinan untuk vaksinasi secara mandiri. Menurutnya, vaksinasi mandiri sudah dilakukan di China dan Uni Emirat (Dubai). 

"Di China rakyat sudah ada yang melakukan vaksin mandiri. Ini dilakukan secara terbuka dimana-mana. Juga di Dubai orang bisa melakukan vaksin mandiri. Di Amerika ada di beberapa tempat. Di China, harga vaksin Covid-19 sekitar Rp 200 ribu. Jadi sudah sangat murah," katanya. (QAR/TIM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.