Dark/Light Mode

Ajak Patuhi Protokol Kesehatan

Fadel Waspadai Klaster Pilkada

Rabu, 18 November 2020 18:53 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad berharap Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 berjalan aman.  

"Kampanye sudah berjalan, walaupun masih terdapat pelanggaran protokol kesehatan, namun penyebaran virus baru tidak ada.  Saya harap keadaan bagus ini tetap stabil sampai hari H pemilihan," kata Fadel, di Gorontalo, Selasa (17/11).

Fadel mengatakan, dari beberapa kunjungan kerjanya berbagai daerah termasuk di Gorontalo ini, dirinya melihat  dilematis pelaksanaan pilkada di masa pandemi ini. Di satu sisi, paslon harus mematuhi protokol kesehatan seperti tidak melakukan kegiatan pengumpulan massa. Pada sisi lain,  ingin bertemu masyarakat untuk menyampaikan visi dan misinya secara langsung.

Baca juga : Asal Patuhi Prokes, Kluster Baru Di Pilkada Bisa Ditekan

"Masyarakat juga merasakan hal yang sama yakni, ingin segera mendapatkan pemimpin yang baik untuk daerahnya. Tapi rakyat masih takut terjangkit virus Corona" ujarnya.

Walau begitu, lanjut Fadel, pada kenyataannya,  pesta demokrasi harus tetap digelar. Sebab, pemerintah sudah memutuskan pilkada serentak jalan.  Masyarakat harus mendukung dan melaksanakan.

Fadel memaklumi kekhawatiran sebagian masyarakat  akan muncul klaster baru penyebaran virus pasca pilkada. 

Baca juga : Kapolri Galak Ke Jenderal

"Ya, namanya juga kampanye, pengumpulan massa tidak bisa dihindari.  Yang bisa dilakukan adalah berupaya keras melaksanakan protokol kesehatan secara ketat seperti wajib memakai masker, jaga jarak aman, kalau perlu lakukan rapid tes," ujarnya.

Fadel mengomentari adanya usulan teknis pelaksanaan pilkada di masa pandemi. Salah satunya memakai sistem online tanpa kehadiran secara fisik.

  "Itu bagus-bagus saja tapi apakah teknologi tersebut sudah menyebar secara merata dan apakah sudah semua masyarakat Indonesia memahami, itu menjadi persoalan.  Di Amerika Serikat saja, sistem online tidak maksimal.  Rakyat di sana ingin memilih secara langsung," ujarnya.

Baca juga : Jangan Berleha-leha, Kobarkan Terus Semangat Basmi Corona

Soal pandemi, Fadel mengatakan, solusi yang paling tepat, tidak ada yang lebih baik dari  pengadaan vaksin sebelum pilkada dilaksanakan. 

 "Bulan ini kami Pimpinan MPR berencana minta bertemu Presiden untuk mendesak agar  vaksin segera disebarkan.  Tapi, kalau memang belum, protokol kesehatan ketat adalah jalan keluar yang paling baik meminimalisir potensi penyebaran virus saat pilkada berlangsung," terangnya. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.