Dark/Light Mode

Hindari Kerumunan Saat Libur Panjang Akhir Tahun

Kemenparekaf, Ayo Siapkan Destinasi Wisata Baru Dong

Jumat, 20 November 2020 07:44 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda . (Foto: Instagram)
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda . (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Tak lupa, Huda mengimbau masyarakat yang akan berwisata, ter masuk pengelola objek wisata, agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Langkah ini penting agar masyarakat terhindar dari virus yang sampai saat ini belum di temukan obat dan vaksinnya. “Kemarin libur panjang 5 hari dalam rangka Maulid Nabi saja ada penambahan suspek (Covid-19) naik tinggi,” ucapnya.

Hal senada dilontarkan Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian. Menurutnya, libur panjang akhir tahun ini akan disambut dengan lonjakan wisatawan. Untuk itu, destinasi wisata harus bersiap diri menyambut liburan akhir tahun ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga : Hijaukan Kawasan Pesisir Balongan, Pertamina Kembangkan Desa Wisata Pantai Tirta Ayu

“Pengalaman libur panjang sebelumnya, banyak ditemukan peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan. Kasusnya terjadi pada libur Idul Fitri, Idul Adha dan Hari Kemerdekaan,” kata Hetifah.

Untuk itu, dia mendorong pemerintah melakukan sosialisasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability atau CHSE (kebersihan, kesehatan dan kelangsungan lingkungan hidup) di destinasi wisata. Langkah ini penting mencegah penyebaran Covid-19 juga mengembalikan kepercayaan wisatawan yang ikut terpukul karena pandemi.

Baca juga : Dipanggil Ulang Polisi Senin Depan, Wagub DKI Siap Datang

“Saat ini kecenderungan wisatawan akan mencari destinasi wisata yang aman dan bersih untuk menghindari penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Hetifah juga meminta pemerintah aktif melakukan pemantauan serta penerapan sanksi tegas bagi pihak yang lalai menerapkan pro tokol kesehatan. Pemantauan harus dilakukan secara konsisten dengan harapan semua masyarakat dan penanggung jawab pariwisata sama-sama ikut aktif terlibat menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga : Hadapi Libur Panjang, Komisi X DPR Minta Kemenparekraf Siapkan Lokasi Desa Wisata

Dalam kesempatan tersebut, politisi daerah pemilihan Kalimantan Timur ini mengajak semua elemen dan stakeholders menerapkan CHSE. “Diperlukan kesadaran dan kemauan semua pihak untuk bekerja sama agar penerapan CHSE dapat berjalan baik,” pungkas dia. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.