Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Senator Kalteng Minta KLHK Perhatikan Hak Masyarakat

Sabtu, 29 Mei 2021 13:38 WIB
Anggota DPD, Agustin Teras Narang
Anggota DPD, Agustin Teras Narang

RM.id  Rakyat Merdeka - Senator asal Kalimantan Tengah (Kalteng), Agustin Teras Narang minta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), agar lebih memperhatikan hak-hak masyarakat di sekitar lokasi food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pesan itu disampaikan, Anggota DPD, Teras Narang dalam diskusi secara virtual yang digelar Forum Pemuda Kalteng di Palangka Raya, Jumat (28/5).

Menurutnya, KLHK perlu merevisi berkenaan dengan pembebasan lahan 2.000 hektare untuk program Food Estate di Kabupaten Gunung Mas, Kalteng.

"Saya akan menyampaikan ke KLHK agar lebih memperhatikan hak-hak masyarakat di sekitar lokasi food estate di Kalteng, khususnya di empat desa, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas," kata Teras seperti dikutip Antara.

Baca juga : Gelar Pesta Pernikahan Di Atas Pesawat Carter

Kader PDI Perjuangan ini melakukan hal itu sebagai upaya menindaklanjuti aspirasi masyarakat di empat desa tersebut sekaligus adanya penjelasan dari Kepala Pusat Logistik Cadangan Strategis (PLCS) Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Sebagaimana diketahui bahwa food estate merupakan sebuah program jangka panjang pemerintahan Indonesia yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar sekaligus menjaga ketahanan pangan dalam negeri.

Sebelumnya, Teras Narang menyerap aspirasi masyarakat di Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas. Pada masa reses itu, mantan Gubernur Kalteng ini mendapat aspirasi berkaitan dengan lahan seluas 2.000 hektare yang telah digarap masyarakat di empat desa, Kecamatan Sepang masuk lokasi food estate. Lahan tersebut, menurut dia, akan digarap tanpa ada komunikasi yang jelas dan transparan.

Anggota DPD asal Daerah Pemilihan Kalteng itu menegaskan, bahwa pihaknya hanya fokus menindaklanjuti aspirasi masyarakat dan menolak kesan adanya penolakan terhadap program Pemerintah tersebut.

Baca juga : Gelar Seminar Maritim, UNJ Peduli Nasib Masyarakat Pesisir

Dalam berbagai kesempatan, dia mendorong agar lumbung pangan di Kalteng dapat berkelanjutan dan transparan, baik dari sisi ekonomi maupun ekologi demi kepentingan masyarakat provinsi itu.

"Berdosa kalau saya tidak menyampaikan aspirasi masyarakat pada masa reses, dan melanggar sumpah jika tidak menindaklanjuti," kata Teras.

Eks anggota DPR ini mengutarakan bahwa masyarakat juga memiliki kepentingan untuk dapat hidup makmur dan sejahtera, atau tidak menjadi penonton dan minoritas baru di daerahnya.

Masyarakat, lanjut dia, juga memiliki keinginan untuk menyukseskan keinginan Presiden Jokowi, yang ditindaklanjuti Kementerian Pertanian dan Kementerian Pertahanan.

Baca juga : KSP Moeldoko Minta Pemda Bentuk Komisi Perlindungan Anak Daerah

"Sekali lagi saya usulkan agar komunikasi dapat lebih efektif dibangun dengan masyarakat. Ini kuncinya komunikasi yang baik dari hati ke hati," kata Teras. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.