Dark/Light Mode

Mayoritas Pemda Belum Lunasi Insentif Nakes

Cak Imin: Ayo Cairkan, Mereka Bertaruh Nyawa untuk Kita Lho...

Kamis, 22 Juli 2021 12:21 WIB
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyesalkan masih banyaknya Pemerintah Daerah (Pemda), baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang belum melunasi pembayaran insentif untuk para tenaga kesehatan (nakes).

Mengacu pada data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) per 15 Juli 2021, mayoritas provinsi belum melunasi insentif nakes.

Dari 34 provinsi, hanya Kalimantan Selatan yang sudah membayar seluruh insentif tenaga kesehatan.

Baca juga : Sedih Tak Bisa Bantu, Cuma Bisa Berdoa dan Jalani Prokes

Ironisnya lagi, ada provinsi yang tidak menganggarkan insentif untuk nakes Covid-19.

Per 17 Juli, hanya 31 provinsi yang telah menganggarkan insentif tenaga kesehatan, dengan total anggaran untuk para nakes hampir menyentuh angka Rp 2 triliun.

Dari 34 provinsi, hanya 6 provinsi yang telah membayar lebih dari separuh insentif tenaga kesehatan. Yakni Kalimantan Selatan (100 persen), Nusa Tenggara Timur (74,11 persen), Kalimantan Barat (66,01 persen), Jawa Timur (62,08 persen), Banten (58,67 persen), dan Kalimantan Utara (50,13 persen).

Baca juga : Pemotongan Insentif Nakes Dibatalkan, Alhamdulillah...

Sementara provinsi yang belum melakukan realisasi anggaran insentif bagi nakes yang menangani pandemi Covid-19 di daerah, adalah  Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, dan Bangka Belitung.

Selain itu, juga ada tiga provinsi lainnya yang tidak menganggarkan insentif untuk nakes yaitu Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Di tingkat kabupaten/kota, ada sebanyak 452 kabupaten/kota menganggarkan insentif tenaga kesehatan. Namun, hampir separuh di antaranya belum merealisasikan insentif tersebut.

Baca juga : China Belum Panen Raya, Impor Bawang Putih Baru Masuk 36 Ribu Ton

Hanya ada 6 kabupaten/kota yang telah melunasi insentif tenaga kesehatan. Mereka adalah Kota Depok, Kabupaten Pemalang, Kota Palembang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.