Dark/Light Mode

Mayoritas Pemda Belum Lunasi Insentif Nakes

Cak Imin: Ayo Cairkan, Mereka Bertaruh Nyawa untuk Kita Lho...

Kamis, 22 Juli 2021 12:21 WIB
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyesalkan masih banyaknya Pemerintah Daerah (Pemda), baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang belum melunasi pembayaran insentif untuk para tenaga kesehatan (nakes).

Mengacu pada data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) per 15 Juli 2021, mayoritas provinsi belum melunasi insentif nakes.

Dari 34 provinsi, hanya Kalimantan Selatan yang sudah membayar seluruh insentif tenaga kesehatan.

Berita Terkait : Bamsoet Minta Sri Mulyani Percepat Pencairan Insentif Nakes

Ironisnya lagi, ada provinsi yang tidak menganggarkan insentif untuk nakes Covid-19.

Per 17 Juli, hanya 31 provinsi yang telah menganggarkan insentif tenaga kesehatan, dengan total anggaran untuk para nakes hampir menyentuh angka Rp 2 triliun.

Dari 34 provinsi, hanya 6 provinsi yang telah membayar lebih dari separuh insentif tenaga kesehatan. Yakni Kalimantan Selatan (100 persen), Nusa Tenggara Timur (74,11 persen), Kalimantan Barat (66,01 persen), Jawa Timur (62,08 persen), Banten (58,67 persen), dan Kalimantan Utara (50,13 persen).

Baca Juga : PMN Untuk BUMN Karya Bantu Lanjutkan Proyek Strategis Nasional

Sementara provinsi yang belum melakukan realisasi anggaran insentif bagi nakes yang menangani pandemi Covid-19 di daerah, adalah  Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, dan Bangka Belitung.

Selain itu, juga ada tiga provinsi lainnya yang tidak menganggarkan insentif untuk nakes yaitu Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Di tingkat kabupaten/kota, ada sebanyak 452 kabupaten/kota menganggarkan insentif tenaga kesehatan. Namun, hampir separuh di antaranya belum merealisasikan insentif tersebut.

Baca Juga : Kurangi Karbon, Chandra Asri Gaet TotalEnergies Pasang Panel Surya

Hanya ada 6 kabupaten/kota yang telah melunasi insentif tenaga kesehatan. Mereka adalah Kota Depok, Kabupaten Pemalang, Kota Palembang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
 Selanjutnya