Dark/Light Mode

Diskusi Digital Merajut Nusantara

Komisi I Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Media Sosial

Sabtu, 14 Agustus 2021 07:12 WIB
Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Rahman Natakusumah. (Foto: Dok. Partai Demokra)
Anggota Komisi I DPR Rizki Aulia Rahman Natakusumah. (Foto: Dok. Partai Demokra)

 Sebelumnya 
“Tapi tidak terlalu paham atau tidak terlalu bisa menjelaskan atau berbagi visi tentang apa yang sebenarnya harus bisa dilakukan untuk bisa menuju Indonesia emas tersebut,” katanya.

Menurutnya, jika ingin menyongsong masa depan yang lebih cerah, tentu haruslah mampu mengatasi permasalahan atau tantangan di masa depan utamanya terkait digitalisasi. Sebab tidak bisa dipungkiri, masih banyak kawasan atau daerah di Indonesia yang tidak terjangkau jaringan telekomunikasi atau sinyal yang baik.

Baca juga : Lestarian Patungan Bantu Masyarakat Bali Selama Pandemi

Presiden Jokowi, kata Rizki, melalui Kementerian Kominfo, memiiki visi besar yakni Merdeka Sinyal. Dalam program ini, Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepada Kominfo untuk membangun akses internet dan telekomunikasi di seluruh Indonesia hingga meng-cover daerah 3T, yakni daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

“Kita mendukung penuh visi Merdeka Sinyal tapi selalu juga saya tegaskan bahwa ada saudara kita, hanya 2 jam dari Jakarta, tapi belum ter-over dengan akses internet atau sinyal dengan baik. Ini perlu sentuhan juga oleh pemerintah,” jelasnya.

Baca juga : Basuki Pastikan Tidak Ada Bahan Impor Dalam Infrastruktur

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Kominfo Henry Subiakto mengatakan teknologi digital saat ini membuat hampir seluruh masyarakat dunia bisa saling terkoneksi. “Kadang munculkan solidaritas, kadang mengontrol lain, tapi itu muncul tidak hanya di sosial politik tapi juga ekonomi,” katanya.

Makanya, di era komunikasi yang sudah digital ini, sambung Guru Besar Komunikasi Universitas Airlangga ini, telah lahir banyak start up, seperti Gojek, Grab, Tokopedia, dan lainnya. Untungnya, Indonesia sendiri memiliki banyak unicorn-unicorn yang cukup berperan dan mampu bersaing dengan bersaing dengan milik negara lain.

Baca juga : Ginting: Medali Ini Untuk Masyarakat Indonesia

Semua ini melahirkan sebuah kekuatan yang tidak hanya secara politik, tapi juga ekonomi. “Ketika sharing kekuatannya jadi besar sekali,” katanya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.