Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPR Nilai Realisasi APBN 2020 Cukup Baik

Pemerintah Lewati Masa Sulit, Politisi Senayan Kasih Jempol

Minggu, 22 Agustus 2021 07:25 WIB
Anggota Komisi VII DPR Mercy Chriesty Barends. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VII DPR Mercy Chriesty Barends. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menilai, realisasi APBN 2020 cukup baik dan menjadi motor penggerak utama dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Diharapkan, penyusunan alokasi belanja dan pengeluaran negara tahun ini lebih terukur.

Anggota Komisi VII DPR Mercy Chriesty Barends mengatakan, perancangan anggaran terukur dimaksukan agar setiap rupiah belanja negara dapat digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Sayangnya, hasil pemeriksaan BPK dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2020 menunjukkan, masih banyak permasalahan-permasalahan dalam pengelolaan APBN.

Baca juga : KPK: Alokasi APBD DKI Untuk Pembelian Tanah Di Munjul Tidak Sesuai

“Fraksi PDI Perjuangan berpendapat agar pemerintah segera menindaklanjuti seluruh temuan permasalahan-permasalahan tersebut. Dan, memastikan tidak terjadi lagi dalam APBN tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Sementara anggota Komisi I Bobby Adhityo Rizaldi menyadari tidak mudah bagi pemerintah untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi dalam APBN 2020 akibat pandemi Covid-19. Pemerintah bersama DPR dipaksa melakukan terobosan-terobosan yang tidak biasa dalam merespons situasi darurat ini.

Baca juga : Tangani Pandemi, PBNU Dukung Pemerintah Dahulukan Keselamatan Jiwa

“Dalam kondisi demikian, pelaksanaan APBN 2021 diharapkan mampu mengurangi dampak negatif dari merebaknya Covid-19 serta membawa rakyat Indonesia mampu melewati badai ini secara gotong royong dan bersama-sama,” harapnya.

Terkait realisasi anggaran, lanjut politisi Golkar ini, BPK telah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada LKPP 2020. WTP ini menunjukkan bukti komitmen pemerintah dalam menjaga kualitas pengelolaan APBN. Untuk itu, Fraksi Partai Golkar menyampaikan apresiasi kepada pemerintah karena mampu mempertahankan opini WTP lima tahun berturut-turut.

Baca juga : Ponpes Dan Gereja Di Jabar Siap Jadi Sentra Vaksinasi

“Ini modal penting untuk mempertahankan optimisme dan kepercayaan publik bahwasanya pemerintah memiliki kapasitas dan integritas dalam membawa bangsa ini melewati masa-masa sulit,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.