Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Presiden 3 Periode

Ketua MPR: Lebih Banyak Mudharatnya

Selasa, 14 September 2021 07:55 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

 Sebelumnya 
Namun begitu, untuk urusan amandemen, Bamsoet masih ngotot, itu tetap harus dilakukan sekarang.

“Apakah amandemen ini perlu? Perlu. Tapi, jangan diarahkan kepada tiga periode atau perpanjangan (masa jabatan presiden),” terang Bamsoet.

Baca juga : Wacana Presiden 3 Periode, Ketum Partai Emas : Usulan Itu Merugikan Pak Jokowi

Lagipula, usulan amandemen tidak hanya berasal dari MPR, tapi juga masyarakat. Menurut Bamsoet, amandemen ini dipandang perlu setelah MPR sowan ke sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk menyerap aspirasi selama 15 tahun terakhir. Mulai dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, PGI (Persatuan Gereja Indonesia), dan lainnya.

Benang merahnya, sistem perencanaan pembangunan nasional model Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) atau Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) perlu direformulasi. Semangat ini muncul sejak 2 periode MPR yang lalu, lalu diteruskan hingga saat ini.

Baca juga : Soal Aturan BI RPIM UMKM Hingga 30 Persen, Ini Kata Perbanas

“Agar kita tidak selalu tiap ganti pemimpin, ganti haluan, sehingga maju-mundur, seperti orang nari Poco-poco, maju 2 langkah, mundur 3 langkah,” jelasnya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat MPR RI, Benny K Harman yang ikut hadir dalam webinar itu, meminta pemerintah dan Presiden Jokowi terbuka soal wacana presiden 3 periode ini. Opini dan isu liar mengenai perpanjangan masa jabatan presiden ini terus menerus muncul tanpa ada solusi.

Baca juga : AP I Sulap Air Hujan Untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih Di Bandara YIA

“Kalau ada amandemen untuk menambah jabatan presiden 3 periode, Bapak Presiden Jokowi harus juga dengan tegas mengatakan menolak dan menyatakan tidak mau lagi,” kata Benny.

Seperti diketahui, Jokowi sudah beberapa kali menjawab soal presiden 3 periode. Pernyataannya sama, yakni menolak usulan jabatan presiden 3 periode. Bahkan, kepala negara memberi label pada pihak yang mendorong presiden 3 periode masuk dalam 3 golongan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.