Dark/Light Mode

Hadapi Norma Baru, Kebijakan Pengendalian Covid Kudu Konsisten

Selasa, 14 September 2021 21:51 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah kebijakan pengendalian penyebaran virus Corona di tanah air harus dilaksanakan secara konsisten agar masyarakat terbiasa dengan norma-norma baru yang wajib dijalankan untuk cegah penularan Covid-19.

"Berbagai persyaratan dalam sejumlah kebijakan pengendalian Covid-19 harus diterapkan dengan benar dan konsisten sehingga masyarakat bisa mematuhi kebijakan tersebut," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/9).

Sejumlah kebijakan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), ujar Lestari, seperti persyaratan dalam perjalanan dan berkunjung ke area publik dan mal yang ditetapkan pemerintah harus konsisten dilakukan, termasuk sanksinya bila kebijakan tersebut dilanggar.

Berita Terkait : Pengusaha Bioskop Tekor Rp 1 Triliun Selama Covid

Dalam konferensi pers secara daring, Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (13/9), antara lain menegaskan masyarakat yang terpapar Covid-19 tetapi masih bepergian akan diisolasi secara terpusat oleh pemerintah.

Menurut Lestari, kebijakan tersebut harus benar-benar dilaksanakan dengan konsisten di lapangan agar masyarakat memahami dan mematuhinya. Lebih jauh, jelasnya, konsistensi dalam penerapan sebuah kebijakan sangat penting untuk menjaga kewibawaan para pemangku kepentingan di mata masyarakat.

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, sejumlah kebijakan tersebut juga berkaitan dengan upaya penerapan norma-norma baru dalam keseharian masyarakat pascapandemi.

Berita Terkait : Persiapan Hidup Pasca Pandemi, Peran Puskesmas Kudu Ditingkatkan

Sebelumnya, tambah Rerie, sempat terungkap bahwa sepanjang penerapan skrining lewat aplikasi PeduliLindungi di pusat-pusat kegiatan publik seperti di mal di masa PPKM, kedapatan 3.000-an masyarakat yang terpapar Covid-19 tetap berkegiatan di ruang publik.

Kondisi tersebut, jelas Rerie, harus benar-benar ditelusuri penyebab terjadinya ribuan orang terpapar Covid-19 masih bepergian ke ruang publik.

Para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, tegas anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, harus benar-benar menangani kondisi tersebut dengan langkah-langkah yang tepat sehingga masyarakat bisa mematuhi aturan dan penyebaran virus Corona bisa terus ditekan.

Berita Terkait : Lestari: Empat Pilar MPR Terbukti Jadi Perekat Bangsa

Selain konsisten dalam penegakan aturan, Rerie berpendapat, program vaksinasi Covid-19 secara nasional juga harus konsisten dilakukan di setiap daerah untuk secepatnya terbentuk kekebalan kelompok sesuai rencana.

"Kombinasi antara konsistensi dalam penegakan aturan di masa PPKM dan pencapaian kekebalan kelompok akan mempercepat pengendalian Covid-19 di tanah air," pungkasnya. [TIF]