Dark/Light Mode

Krisdayanti Blak-Blakan Soal Gaji Dan Tunjangan Anggota DPR

Formappi: Itu Perlu Diapresiasi

Sabtu, 18 September 2021 17:38 WIB
Krisdayanti. (Foto: Ist)
Krisdayanti. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai, pengakuan blak-blakan anggota DPR RI fraksi PDIP Krisdayanti soal gaji dan tunjangan yang didapat selama menjadi anggota dewan, sepatutnya diapresiasi.

Sebab, menurutnya, Krisdayanti telah menjawab pertanyaan publik yang sebelumnya tidak tahu gaji dan tunjangan ratusan juta rupiah yang diterima anggota DPR tersebut.

Baca juga : Kata Masinton, Segini Gaji Dan Tunjangan Anggota DPR

"Niat atau keberanian Krisdayanti untuk mengungkap gaji dan pendapatannya ke publik itu perlu diapresiasi. Kenapa harus diapresiasi? Karena sudah lama kita menunggu anggota DPR bisa memberitahukan kepada publik berapa pendapatan dan tunjangan yang mereka peroleh dari jabatannya sebagai anggota DPR," kata Lucius.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi daring Polemik bertajuk "Gaji dan Kinerja Wakil Rakyat yang Terhormat", Sabtu (18/9).

Baca juga : Enaknya, Anggota DPR Dapat Duit Ratusan Juta

Menurutnya, selama ini para anggota dewan terkesan masih tertutup soal gaji dari rakyat yang masuk kantong saku mereka. Kebanyakan, hanya memberikan jawaban diplomatis dan tidak menyebutkan nominal seperti yang dilakukan pelantun lagu "Menghitung Hari" itu.

"Ketika Krisdayanti menyebut angka-angka itu, lalu kita semua jadi terkejut, bukan karena kita baru tahu DPR punya begitu banyak tunjangan, tapi angkanya sangat fantastis, angkanya Rp 450 juta, walaupun sudah dijelaskan kegunaan dan lain sebagainya," tuturnya.

Baca juga : Beri Catatan Dua Calon Anggota BPK Bermasalah, DPD Diapresiasi

Atas dasar pengakuan Krisdayanti itu, Lucius pun menyindir anggota dewan yang mendapat gaji besar, tapi minim kerjanya.

"Saya kira angka Rp450 juta itu membuat kita terkaget-kaget dan kejang, justru dengan anggaran sebesar itu, dengan tunjangan sebesar itu, kita tidak melihat, tidak ada efeknya pada kinerja DPR," sindir Lucius. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.