Dark/Light Mode

Warga Desak-desakan Beli Baju Lebaran

Di Tanah Abang, Corona Itu Seperti Sudah Tiada

Minggu, 2 Mei 2021 07:30 WIB
Beginilah bejubelnya warga yang sedang berburu baju Lebaran, di Tanah Abang, Jakarta, Kamis (29/4/2021). Protokol kesehatan benar-benar tak diterapkan, padahal Corona masih menggila. (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar)
Beginilah bejubelnya warga yang sedang berburu baju Lebaran, di Tanah Abang, Jakarta, Kamis (29/4/2021). Protokol kesehatan benar-benar tak diterapkan, padahal Corona masih menggila. (Foto: ANTARA/Aprillio Akbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Corona masih menggila. Di beberapa negara, seperti India dan Brazil, bahkan datang seperti tsunami. Yang kena ratusan ribu per harinya, yang meninggal pun ribuan. Mayat bergelimpangan di jalan-jalan. Yang tak tertangani di rumah sakit mengular. Anehnya, di saat kondisi masih kritis ini, di sini, di Indonesia, justru terlihat warganya santai-santai saja, bahkan ada kesan seperti tak ada yang namanya Corona.

Mau bukti? Lihat saja ke Pasar Tanah Abang, Jakarta. Di situ warga berjubel, berdesak-desakan tanpa sedikitpun mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Melihat video dan foto-foto tumpleknya warga di Tanah Abang yang tersebar di medsos, membuat banyak pihak mengerutkan dahi. Menyayangkan, juga menyedihkan.

Video padatnya warga di Pasar Tanah Abang tersebar di medsos, kemarin. Dalam video berdurasi 0.22 detik itu memperlihatkan warga sedang berburu baju buat Lebaran. Terlihat, mayoritas pengunjung adalah ibu-ibu.

Baca juga : Satgas Sesalkan Kerumunan di Pasar Tanah Abang

Di lantai dasar, saking padatnya, para pengunjung harus berdesak-desakkan. Lantai ruangan yang berwarna putih pun sampai tak terlihat.

Kondisi yang sama terlihat di lantai atasnya. Eskalator penuh dinaiki pengunjung. “Tanah Abang full,” ujar suara perekam video.

Tidak hanya di dalam, kepadatan juga terjadi di luar Pasar Tanah Abang. Dilihat dari postingan akun Instagram Jakarta Info, terlihat masyarakat juga menyerbu penjual baju yang ada di luar. Akibatnya jalan Pasar Tanah Abang macet total.

Baca juga : Sistem Keuangan Indonesia Tetap Aman Di Tengah Pandemi, Ini Rahasianya

Padatnya pengunjung Pasar Tanah Abang merembet ke Stasiun Tanah Abang. Masyarakat yang habis beli baju Lebaran langsung memadati Stasiun Tanah Abang. Akibatnya, terjadi antrean masuk ke Stasiun Tanah Abang.

Video dan foto-foto kondisi Pasar Tanah Abang itu, viral di medsos. Banyak yang menyayangkan kejadian tersebut. Pasalnya, kerumunan itu bisa menciptakan kluster baru Corona.

Bagaimana tanggapan petugas keamanan soal padatnya Pasar Tanah Abang? Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan mengaku sudah mengingatkan pengelola pasar dan para pedagang untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung. Pasalnya, rentan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan (Prokes).

Baca juga : Siswa Kembali Diizinkan Belajar Di Sekolah, Guru: Kami Sudah Lama Menantikannya

“Sudah diingatkan semua itu,” kata Singgih, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.