Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diungkap Krisdayanti

Enaknya, Anggota DPR Dapat Duit Ratusan Juta

Rabu, 15 September 2021 07:35 WIB
Krisdayanti dalam podcast bersama politikus Akbar Faizal di kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored. (Foto: YouTube)
Krisdayanti dalam podcast bersama politikus Akbar Faizal di kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Krisdayanti, diva musik pop Tanah Air yang kini jadi Anggota DPR, blak-blakan soal gaji, tunjangan sampai duit reses yang diterimanya sebagai wakil rakyat. Menurut politisi PDIP itu, totalnya mencapai ratusan juta. Duh, enaknya jadi anggota DPR ya...

Krisdayanti mengungkapkan hal tersebut dalam podcast bersama politikus Akbar Faizal di kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored, Senin (13/9). Tayangan itu berjudul: Nekat! Krisdayanti Berani Bicara Politik Di Sini!

Sampai tadi malam, video berdurasi 52 menit itu sudah ditonton lebih dari 7 ribu orang. Dari berbagai macam topik yang dibahas, ada satu yang menarik. Yakni, penghasilan fantastis Krisdayanti selama jadi anggota DPR.

Baca juga : Ditengah Pandemi, Smartphone Biasa Dapat Meningkatkan Produktifitas

Menurut dia, setiap bulan mendapatkan dua kali gaji. Pertama, setiap tanggal 1 mendapatkan gaji Rp 16 juta. Kedua, setiap tanggal 5 yang jumlahnya mencapai Rp 59 juta. Total apinya dalam sebulan, dia bisa mengantongi Rp 75 juta.

Akbar yang lebih dulu menjadi anggota DPR lantas mengkoreksi pernyataan Krisdayanti. Menurut Akbar, yang Rp 16 juta merupakan gaji pokok, sementara yang Rp 59 juta adalah tunjangan.

Selain gaji dan tunjangan, Kridayanti juga mengaku masih menerima duit reses untuk menyerap aspirasi. Jumlahnya sebesar Rp 450 juta. Duit tersebut diberikan lima kali dalam setahun.

Baca juga : Menantu Nurhadi Gunakan Pelat Nomor Anggota Polri Saat Buron

“Kita juga harus menyerap aspirasi. Artinya, di setiap 20 titik, di setiap kehadiran kita,” bebernya.

Tidak hanya sampai di situ, Krisdayanti juga mengaku mendapatkan duit kunjungan daerah pemilihan (dapil) yang besarannya mencapai Rp 140 juta. Duit ini diberikan delapan kali dalam setahun.

Bagaimana tanggapan anggota DPR lain? Anggota DPR Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno mengaku, setiap bulan tidak pernah mengantongi lebih dari Rp 25 juta. Rinciannya, total gaji dan tunjangan per bulan sekitar Rp 60 juta, dikurangi iuran untuk fraksi.

Baca juga : KPK Jebloskan Eks Anggota DPR Amin Santono Ke Lapas Sukamiskin

Sementara duit reses maupun aspirasi, dicairkan sesuai dengan kegiatan yang akan dikerjakan. Kata Hendrawan, dana itu diajukan kepada Setjen DPR, dengan melampirkan jadwal dan tempat kegiatan. Jika tidak, duitnya tak akan cair.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.