Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dugaan Waka DPD

Jaksa Agung Sengaja Diganggu Karena Sedang Tangani Kasus Besar

Kamis, 30 September 2021 21:03 WIB
Wakil Ketua DPD Sultan B Najamuddin. (Foto: Humas DPD)
Wakil Ketua DPD Sultan B Najamuddin. (Foto: Humas DPD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin menilai, tuduhan pemalsuan rekam jejak akademik Jaksa Agung ST Burhanuddin dilontarkan untuk mengganggu Kejaksaan Agung (Kejagung) yang tengah menangani kasus korupsi dengan nilai puluhan triliun rupiah.

"Kita semua mengetahui, kejaksaan menjadi lembaga penegakan hukum yang paling berprestasi selama ini terutama saat dipimpin oleh beliau," ujar Sultan, dalam siaran pers, Kamis (30/9).

Baca juga : Firli Bahuri: Kalau Korupsi Saya Tangkap Kalian!

Menurutnya, hal itu terbukti dari penyelamatan uang negara yang dilakukan korps adhyaksa. Kejagung, tercatat telah menyelamatkan uang negara sebesar Rp 26,1 triliun. Jumlah itu di atas Polri dan KPK, yang masing-masing hanya menyelamatkan uang negara sebesar Rp 388 miliar dan Rp 331 miliar rupiah.

"Ini prestasi yang tidak bisa kita abaikan hanya karena isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sudah pasti banyak pihak yang merasa terganggu dengan ketegasan beliau dalam memimpin korps adhyaksa," ujar mantan wakil Gubernur Bengkulu ini.

Baca juga : Jaksa Agung Diterpa Isu Latar Belakang Pendidikan

Menurutnya, hal seperti ini wajar terjadi pada seorang pimpinan institusi hukum. Serangan itu, bertujuan mengganggu fokus Kejagung dalam menangani kasus, bermotif politik, dan berupaya menjatuhkan karir ST Burhanuddin.

"Kami minta masyarakat untuk lebih adil dan cermat melihat tuduhan ini. Kedepankan asas praduga tak bersalah. Mari kita dukung bapak Jaksa Agung menunaikan tugas-tugas penegakan hukumnya yang luar biasa berat," ajaknya.

Baca juga : Penting,Tuntutan Jaksa Terapkan Prinsip HAM

Menurut Sultan, selama ini belum ada seorang jaksa agung yang berprestasi dan memiliki terobosan hukum yang penting seperti Burhanuddin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.