Dark/Light Mode

Fraksi NasDem Konsisten Perjuangkan Syaikhona Kholil Sebagai Pahlawan Nasional

Jumat, 15 Oktober 2021 08:40 WIB
Seminar nasional dengan tema Syaikhona Kholil: Pejuang Kultural, Guru Para Pahlawan Nasional yang diselenggarakan Fraksi Partai NasDem MPR di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (14/10)/Ist
Seminar nasional dengan tema Syaikhona Kholil: Pejuang Kultural, Guru Para Pahlawan Nasional yang diselenggarakan Fraksi Partai NasDem MPR di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (14/10)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah Partai NasDem memperjuangkan ulama besar asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Syekh Syaikhona Muhammad Kholil, sebagai pahlawan nasional tak pernah kendor. Syekh Kholil layak mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Salah satu bukti yang diperlihatkan NasDem adalah dengan menggelar seminar nasional dengan tema 'Syaikhona Kholil: Pejuang Kultural, Guru Para Pahlawan Nasional'. Seminar diselenggarakan Fraksi Partai NasDem MPR di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (14/10).

Hadir sebagai narasumber Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar dan Ketua Tim Penyusul dari Yayasan Syiakhona Kholil, Muhaimin.

Selain itu, terlihat petinggi Partai NasDem, antara lain Ketua Fraksi NasDem MPR Taufik Basari, Sekretaris Fraksi NasDem MPR Syarif Abdullah Alkadrie, Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR Willy Aditya, Ketua DPP NasDem Effendy Choirie dan Ketua DPW NasDem Jawa Timur Sri Sajekti Sudjunadi. 

Baca juga : PMI Puji Kapolda Banten Gercep Tangani Kasus Polisi Smackdown Mahasiswa

Taufik Basari mengakui, tujuan dari seminar nasional ini untuk menajamkan pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Muhammad Kholil Bin Abdul Latif.

"Seminar ini bagian dari ikhtiar NasDem mendukung upaya teman-teman dari Yayasan Syaikhona Kholil, khusunya para ulama dan guru di Madura, untuk memperjuangkan Syekh Kholil sebagai pahlawan nasional. Karena Syekh Kholil adalah guru dari para pahlawan nasional," papar pria yang akrab disapa Tobas ini.

Menurut dia, tugas kita mengingatkan masyarakat bahwa kita mempunyai tokoh yang luar biasa, tokoh yang berjasa kepada bangsa.

"Kami berharap rangkaian kegiatan ini bisa membuahkan hasil dan didengarkan oleh Dewan Gelar dan Presiden agar bisa menjadikan Syekh Kholil sebagai pahlawan nasional," harap Tobas.

Baca juga : Banteng Jateng Sayangkan Sikap Relawan Ganjar Pranowo

KH Nasaruddin Umar mengatakan, pemberian gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil hal yang layak dilakukan. Syaikhona Kholil merupakan guru bagi sejumlah pahlawan yang ada di Indonesia. 

"Syaikhona ini luar biasa. Layak mendapatkan apresiasi dari negara mengingat jasa-jasanya. Dia menjadi guru dari para pendiri pondok pesantren besar di Indoensia. Bahkan dia juga pernah jadi guru sejumlah pahlawan," ungkap Nasaruddin. 

Menurutnya, Syaikhona Kholil memiliki kedekatan dengan Proklamator Bangsa Bung Karno. Syaikhona Kolil bahkan pernah mengusap kepala Bung Karno dan turut mendoakan langsung dengan meniup ubun-ubun kepala Bung Karno. 

"Banyak sekali karya-karya dan jasa beliau yang perlu mendapatkan apresiasi dari bangsa dan negara. Apa yang kita lakukan di sini bagian dari upaya itu," kata Nasaruddin.

Baca juga : Soal Amandemen Konstitusi, Pernyataan Bamsoet Bukan Sikap Golkar

Ketua Kajian Akademik dan Biografi Syaikhona Muhammad Kholil, Muhaimin, mengapresiasi langkah konkrit NasDem yang konsisten memperjuangkan dan menfasilitasi pemberian gelar pahlawan nasional untuk Syaikhona Kholil.

"Saya akui banyak partai yang mencoba memperjuangkan, namun hanya NasDem yang menginisiasi dan konsiten mengawal pemberian gelar pahlawan nasional Syaikhona Kholil hinga saat ini," ujar Muhaimin.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron. Dia tak sungkan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus Partai NasDem atas konsistensinya memperjuangkan pemberian gelar pahlawan terhadap Syekh Kholil.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada ketua Fraksi MPR dan segenap jajaran pengurus NasDem yang telah membantu melakukan penguatan pengusulan gelar pahlawan kepada kholil," ucapnya. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.