Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siti Fauziah: MPR Lebih Dekat Dengan Masyarakat Lewat Bincang Kebangsaan

Minggu, 17 Oktober 2021 07:30 WIB
Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR Siti Fauziah dalam Bincang Kebangsaan perdana di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/10). (Foto: Ist)
Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR Siti Fauziah dalam Bincang Kebangsaan perdana di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal MPR Siti Fauziah mengungkapkan, MPR melaksanakan satu kegiatan baru, yaitu Bincang Kebangsaan.

Dengan Bincang Kebangsaan ini, masalah kebangsaan termasuk nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung dalam Empat Pilar MPR dibicarakan dalam suasana yang lebih informal dan tidak kaku, serta lebih ringan dan cair.

"Kegiatan Bincang Kebangsaan hari ini merupakan kegiatan perdana. Konsep kegiatan ini adalah berbincang dengan narasumber dalam suasana yang lebih santai," kata Siti Fauziah dalam Bincang Kebangsaan perdana di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/10).

Bincang Kebangsaan ini menghadirkan narasumber Sekretaris Fraksi PKB MPR dan Wakil Ketua Badan Penganggaran MPR, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz.

Baca juga : Jangan Bosan Disiplin Prokes!

Menurut Siti Fauziah, selama ini penanaman nilai-nilai luhur bangsa banyak dilakukan dalam forum resmi dengan suasana yang formal. Suasana ini berbeda dengan Bincang Kebangsaan.

"Dengan Bincang Kebangsaan, kita ingin mengajak masyarakat memahami nilai-nilai kebangsaan, tugas dan wewenang MPR, dalam suasana yang lebih rileks dan santai serta tidak menegangkan," ujar Siti Fauziah.

Dalam Bincang Kebangsaan, lanjutnya, berbagai masalah kebangsaan dibicarakan. Misalnya, masalah terkait dengan momentum Sumpah Pemuda, Pancasila, Hari Pahlawan dan lainnya. Bincang Kebangsaan juga untuk menumbuhkan semangat kebangsaan.

"Karena itu, MPR melaksanakan kegiatan Bincang Kebangsaan yang lebih rileks dan santai untuk mengurangi formalitas itu. Bincang Kebangsaan ini membuka usulan, masukan, dan pemikiran bahkan curhat dari masyarakat," imbuh Siti.

Baca juga : Kunjungi Kantor Rekat Indonesia, Kang Emil Bicara PON Dan Kebangsaan

Audience yang menjadi peserta dalam Bincang Kebangsaan disebut sebagai Sahabat Kebangsaan.

"Kita mencoba untuk lebih mendekatkan dan merangkul masyarakat. Sebutan sahabat terasa lebih dekat dan terbuka. Dengan demikian suasana dalam Bincang Kebangsaan lebih cair dan santai," tuturnya.

Walaupun dalam format santai, tambah dia, tetapi tidak mengurangi makna dan tujuan dari kegiatan Bincang Kebangsaan. Pesan inti tetap tersampaikan kepada masyarakat, terutama penguatan penanaman nilai-nilai luhur bangsa.

"Narasumber anggota MPR tetap menyampaikan materi, namun terbuka untuk masukan, usulan, pikiran, dan curhat dari sahabat kebangsaan. Apapun bisa disampaikan kepada narasumber dan pihak MPR," terangnya.

Baca juga : Kabar Baik, 75 Persen Masyarakat Kini Rajin Cuci Tangan

Masukan, usulan, pikiran, dan curhat masyarakat, menurut Siti, penting bagi MPR untuk menyesuaikan metode dan strategi penyampaian dan internalisasi nilai-nilai kebangsaan.

"MPR akan terus menanamkan dan menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan yang terangkum dalam Empat Pilar MPR dengan cara sedekat mungkin dan masuk ke semua lapisan masyarakat," pungkasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.