Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPR: Terlalu Berisiko, Kegiatan Susur Sungai Siswa Ditiadakan Saja

Minggu, 17 Oktober 2021 13:45 WIB
Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto (Foto: Dok. DPR)
Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR mendesak sekolah-sekolah menghapus kegiatan susur sungai. Desakan ini muncul setelah peristiwa meninggalnya 11 siswa MTs Harapan Baru, Ciamis, Jawa Barat, akibat tenggelam saat melakukan susur sungai di Sungai Cileueur.

"Sebaiknya ditiadakan karena terlalu berisiko," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, Minggu (17/10).

Politisi PAN ini meminta Kementerian Agama (Kemenag) menindaklanjuti peristiwa ini agar tak terulang di masa mendatang. "Kemenag wajib menjadikan ini bahan evaluasi sehingga tidak terjadi lagi di masa-masa yang akan datang," ujarnya.

Yandri menambahkan, kegiatan siswa di luar kelas harus dilaksanakan dengan penuh pertimbangan. "Hal yang utama adalah keselamatan," ungkap dia.

Senada dengan Yandri, Ketua DPP PKS Bukhori Yusuf menilai, dalam proses belajar mengajar, kegiatan di luar ruangan memang penting dilakukan. Namun, kegiatan yang dilakukan itu harus jauh dari bahaya.

"Kegiatan di luar sekolah penting, namun dengan SOP standar. Jika belum punya standar, sebaiknya dihindari, diganti dengan kegiatan outdoor yang tidak berisiko tinggi," paparnya.

Menurut anggota Komisi VIII DPR itu, kegiatan siswa yang menantang bahaya seperti susur sungai boleh saja dilakukan, namun harus ada pendampingan dari pihak profesional. "Kalau didampingi dengan para instruktur ahli dan ada SOP yang standar militer, saya rasa tidak jadi masalah," terang dia. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.