Dark/Light Mode

Ada Kecurangan Seleksi ASN

Audit Semua Mekanisme Tes Demi Pulihkan Kepercayaan

Minggu, 31 Oktober 2021 07:20 WIB
Ilustrasi tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Ilustrasi tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

 Sebelumnya 
“Sanksi tegas berupa diskualifikasi kepada peserta yang terbukti curang. Sementara oknum yang terlibat harus dijatuhi hukuman berat, baik sanksi administrasi maupun pidana sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menerima adanya laporan kecurangan pada pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) di Buol, Sulawesi Tengah.

Baca juga : Perkuat Sektor Pangan, Teten Minta Petani Gabung Ke Koperasi

Kecurangan dengan meng-install software remote access sehingga komputer PC yang digunakan peserta bisa diakses dari luar lokasi ujian.

Dugaan sementara software ini dipasang oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bersama dua orang lainnya pada malam hari, jelang pelaksanaan ujian.

Baca juga : Angkasa Pura I Buka Seleksi Mitra Pengelola Kargo Dan Pos Di 2 Bandara

“Hasil bukti rekaman CCTV dihapus, tapi bisa di-recovery oleh tim BKN dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” ungkap Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, peserta yang ada di komputer tersebut hanya menampilkan soal, sedangkan orang yang menjawab adalah tim di luar lokasi ujian. Sehingga, kuat dugaan tindak kecurangan ini dilakukan oleh lebih dari satu orang.

Baca juga : Sidang Tahunan MPR Jadi Momentum Sampaikan Pesan Kebangsaan

“Dengan beberapa alat bukti, hasil CCTV, hasil audit forensik dari sistem CAT dan interview dengan petugas di lapangan memperlihatkan kecurangan tersebut,” katanya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.