Dark/Light Mode

Ada Kecurangan Seleksi ASN

Audit Semua Mekanisme Tes Demi Pulihkan Kepercayaan

Minggu, 31 Oktober 2021 07:20 WIB
Ilustrasi tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Ilustrasi tes Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

 Sebelumnya 
“Ini bencana jika benar terjadi, karena merusak sistem yang sudah dibangun dalam menghasilkan ASN berkualitas,” tegas Mardani.

Politisi senior PKS ini menegaskan, praktik kecurangan ini tentu tidak bisa dianggap remeh. Sistem yang sudah dibangun yang diyakini merupakan pola rekrutmen terbaik dalam menghasilkan ASN ternyata bisa dibobol oleh oknum.

Baca juga : Perkuat Sektor Pangan, Teten Minta Petani Gabung Ke Koperasi

Dia pun meminta ada investigasi sebagai evaluasi terhadap model rekrutmen ASN di masa mendatang.

“BKN harus segera ambil inisiatif untuk lakukan investigasi. Harus ada yang bertanggung jawab atas peristiwa ini,” tegasnya.

Baca juga : Angkasa Pura I Buka Seleksi Mitra Pengelola Kargo Dan Pos Di 2 Bandara

Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus menambahkan, harus ada proses hukum yang tegas atas praktik kecurangan seleksi ASN di Buol.

“Masyarakat juga (harus) memelototi kecurangan-kecurangan itu. Kalau perlu orang yang memberi tahu itu diberi reward karena dia berani untuk mengungkapkan kecurangan di Buol,” tegasnya.

Baca juga : Sidang Tahunan MPR Jadi Momentum Sampaikan Pesan Kebangsaan

Anggota Fraksi PAN ini menegaskan, investigasi terhadap sistem Informasi teknologi dalam tes penerimaan ASN penting dilakukan untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem dan mekanisme tes seleksi calon ASN. Begitupun terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam kecurangan ini harus dijatuhi hukuman berat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.