Dark/Light Mode

Tanam Padi Sambil Hujan-hujanan

Puan Dikomentari Susi

Sabtu, 13 November 2021 08:59 WIB
Ketua DPR Puan Maharani saat menanam padi bersama pertani di tengah hujan rintik-rintik, di Sleman, DIY, Kamis (11/11). (Foto: Istimewa)
Ketua DPR Puan Maharani saat menanam padi bersama pertani di tengah hujan rintik-rintik, di Sleman, DIY, Kamis (11/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani turun ke sawah dan ikut menanam padi bersama petani sambil hujan-hujanan saat kunjungan kerja di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (11/11). Aksi Puan ini menarik perhatian para seleb medsos. Salah satunya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Melalui akun Twitternya, Susi mengomentari aksi Puan itu.

Aksi itu dilakukan Puan di Desa Sendangmulyo. Saat Puan datang, sedang turun hujan rintik-rintik. Putri bungsu Megawati Soekarnoputri itu pun datang ke pesawahan dengan mengenakan jas hujan warna hitam tua lengkap dengan sepatu boot warna senada. Puan juga memakai caping, yang biasa dipakai petani untuk berlindung dari panas dan hujan.

Baca juga : Moeldoko Siap Ambil Langkah Kedaulatan Digital Di Indonesia

Puan langsung berbaur dengan ibu-ibu petani yang tengah menanam padi di tengah rintik hujan. Sambil berdialog, seorang ibu tani terlihat berbagi bibit padi ke Puan untuk ikut tandur atau tanam padi dengan cara berjalan mundur.

Ketua DPP PDIP itu pun tampak bersemangat menanam bibit padi tanpa peduli beceknya lumpur sawah. Sesekali, mantan Menko PMK itu terdengar asyik bercakap-cakap dengan para ibu tani dalam bahasa Jawa.

Baca juga : Dana Otsus Naik, KSP Minta Tolong Jangan Dikorupsi

"Piro nek panen (berapa banyak kalau panen)? Dijual neng endi (dijual ke mana)?” tanya Puan.

Dari percakapan itu, ia juga menerima keluhan soal mahal dan langkanya pupuk serta kendala jalur distribusi saat panen. Para petani di areal persawahan itu juga mengharapkan adanya saluran induk air. Sebab, ketika musim kemarau, air untuk mengaliri sawah tidak lancar.

Baca juga : Toyota Hadirkan Mobil Masa Depan Di GIIAS

Aksi Puan ini lalu dikomentari Susi. Bos maskapai Susi Air itu merasa aneh dengan sikap para petani yang tandur bareng Puan. "Biasanya petani menanam padi tidak hujan-hujanan," cuit Susi melalui akun Twitter @susipudjiastuti, di kolom komentar berita media online.

Setelah dikomentari Susi, sontak berita itu viral. Sejumlah warganet adu argumen. Ada yang setuju dengan Susi, karena hujan-hujanan di tengah sawah berisiko disambar petir sehingga aksi Puan turun ke sawah terkesan seperti dipaksakan. Tapi, banyak juga yang menilai suasana menanam padi di tengah hujan adalah hal yang biasa. Menanam di tengah hujan justru tidak mudah capek, karena tidak panas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.