Dark/Light Mode

Tanam Padi Sambil Hujan-hujanan

Puan Dikomentari Susi

Sabtu, 13 November 2021 08:59 WIB
Ketua DPR Puan Maharani saat menanam padi bersama pertani di tengah hujan rintik-rintik, di Sleman, DIY, Kamis (11/11). (Foto: Istimewa)
Ketua DPR Puan Maharani saat menanam padi bersama pertani di tengah hujan rintik-rintik, di Sleman, DIY, Kamis (11/11). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Setelah seharian heboh dipergunjingkan di media sosial, Puan mengunggah momennya turun ke sawah itu ke akun Instagram @puanmaharaniri. Lengkap dengan alasannya di caption reels, fitur video pendek Instagram.

"Berkunjung ke Yogyakarta dan ikut turun ke sawah bersama para petani di daerah Godean. Saya ingin lebih dekat, serta mendengar permasalahan yang petani hadapi. Mengingat besarnya peran petani sebagai penjaga ketahanan pangan Indonesia," tulis Puan di akun, tadi malam.

Baca juga : Moeldoko Siap Ambil Langkah Kedaulatan Digital Di Indonesia

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga angkat bicara. Menurutnya, yang dilakukan Puan sudah tepat. Sebab, dalam ideologi Pancasila, pemimpin itu harus bergerak ke bawah, mengakar, dan memahami persoalan rakyat. "Apa yang dilakukan Mbak Puan menunjukkan bagaimana ideologi bekerja dalam praktik politik turun ke bawah," kata Hasto kepada wartawan, kemarin.

Ia juga mengingatkan pesan Bung Karno bahwa masalah pangan merupakan persoalan yang berkaitan dengan mati-hidupnya negeri. Sehingga seluruh struktural partai, baik kader partai yang dipercaya rakyat menjadi Presiden, Ketua DPR, Wakil Ketua MPR, para Menteri, Gubernur, Wakil Gubernur, dan seluruh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari partai, serta pimpinan dan anggota legislatif sudah seharusnya memperjuangkan nasib petani.

Baca juga : Dana Otsus Naik, KSP Minta Tolong Jangan Dikorupsi

"Bahkan, seluruh anggota partai memang wajib mengangkat harkat dan martabat rakyat, khususnya petani," tandasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.