Dark/Light Mode

Incar Posisi Kedua Di Pemilu 2024

NasDem DIY Dan Jateng Bertekad Juara Pilkada

Rabu, 1 Desember 2021 06:55 WIB
Ketua Pemenangan NasDem Jawa III (DIY-Jawa Tengah), Sugeng Suparwoto. (Foto: Dok. NasDem)
Ketua Pemenangan NasDem Jawa III (DIY-Jawa Tengah), Sugeng Suparwoto. (Foto: Dok. NasDem)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasional Demokrat (NasDem) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) bertekad menang Pilkada dan mengincar posisi kedua pada Pemilu 2024. Hanya saja, ada sejumlah tantangan dan capaian, termasuk target penambahan kursi parlemen.

Ketua Pemenangan NasDem Jawa III (DIY-Jawa Tengah), Sugeng Suparwoto mengaku, partainya akan terus melakukan konsolidasi. Salah satunya, melalui Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang akan digelar di Yogyakarta.

Baca juga : Deklarasi Anies Presiden 2024 Bergema Di Sumatera Utara

“NasDem terus melakukan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, and threats). Pada 2024, kami bercita-cita menang Pemilu dan Pilkada,” katanya, kemarin.

Rakorwil ini, lanjut Sugeng, menjadi tempat menyiapkan infrastruktur partai. Salah satunya, dengan menyusun kepengurusan hingga unit terkecil, yaitu desa dan kelurahan. Saat ini, kepengurusan di tingkat desa dan kelurahan sudah 85 persen dan ditargetkan tuntas 100 persen pada akhir tahun ini.

Baca juga : Demokrat Targetin Sapu Bersih Pileg Dan Pilkada

Sugeng menyebut, DIY dan Jateng sangat strategis dalam konstelasi politik Indonesia. Jateng memiliki 77 kursi DPR dan DIY dengan 8 kursi DPR. Perolehan kursi NasDem di DIY-Jateng terdiri dari 5 kursi DPR dari Dapil Jawa Tengah dan 1 kursi DPR dari Dapil DIY.

Di tingkat Provinsi, NasDem meraih 6 kursi DPRD. Masing-masing 3 kursi di DIY dan 3 di Jateng. Di tingkat Kabupaten/Kota se-Jateng, NasDem meraih 79 kursi DPRD. Sementara Kabupaten/Kota se-DIY berjumlah 16 kursi. Sugeng menyadari, Jateng adalah basis dari PDI Perjuangan.

Baca juga : Ganjar-Puan Bisa Terwujud Di Pilpres 2024, Begini Matematika Politiknya

Tapi, pihaknya tidak patah arang untuk meraih kemenangan di Jateng. Dijelaskan, NasDem bisa memenangkan Pemilu, kalau di Jateng minimal nomor 2. “Dengan kerja keras, integritas, dan didukung infrastruktur partai serta tokoh-tokoh partai, NasDem bisa memenangkan Pemilu 2024,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.