Dewan Pers

Dark/Light Mode

Airlangga Ucapkan HUT Ke 20 Partai Rusia Bersatu

Rabu, 1 Desember 2021 21:21 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. (IST)
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Partai Rusia Bersatu ke 20.

Airlangga mendoakan Partai Rusia Bersatu bisa tumbuh dan berkembang serta terus berkontribusi untuk dunia.

“Atas nama Partai Golkar, Republik Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada Partai Rusia Bersatu atas ulang tahunnya yang ke 20. Saya berharap Partai Rusia Bersatu dapat terus berkembang dan berkontribusi secara signifikan kepada rakyat Rusia serta komunitas global,” kata Airlangga, Rabu (1/12) malam.

Ucapan Selamat HUT ke 20 kepada Partai Rusia Bersatu tersebut disampaikan Airlangga pada Konferensi virtual (via zoom) antar partai internasional dengan tema “Tantangan global pada abad XXI: dimensi antar partai”.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh partai politik se-ASEAN dan Partai se-Dunia.

Airlangga merasa terhormat dapat menghadiri konferensi tersebut. Karena konferensi ini memiliki dampak yang signifikan terhadap hubungan antar negara dan partai politik, dalam memperkuat kerjasama bilateral dengan Rusia.

Dalam kesempatan itu, Airlangga mengungkapkan dirinya diundang dalam konferensi karena dua alasan.

Berita Terkait : Semoga Tahun 2022 Kita Bisa Berhaji Lagi

"Pertama, menunjukkan hubungan erat antara dua partai politik kita. Dan kedua, itu memungkinkan anggota partai kami untuk belajar dari satu sama lain," katanya.

Apalagi sebagai Partai, lanjut Airlangga, Golkar umurnya lebih dari dua kali lipat Partai Rusia Bersatu dan telah bertahan dari gejolak politik, ekonomi, dan sosial nasional di masa lalu.

Dinamika tersebut tegas Airlangga tidak membuat Golkar tumbang. Melainkan membangun kembali semangat kader Golkar untuk bersatu dan menang.

"Kami saat ini masih merupakan partai terbesar kedua dalam hal perwakilan parlemen. Hal itu menunjukkan semakin gencarnya posisi Golkar sebagai suara pembangunan dan kemakmuran rakyat,” ujarnya.

Menko Perekonomian RI itu juga menyebutkan, Indonesia dan Rusia adalah dua negara besar dengan potensi yang sama.

Indonesia dan Rusia merupakan negara pendukung toleransi, demokrasi, dan keragaman. Keduanya merupakan anggota G 20 sehingga menjadi penentu pertumbuhan ekonomi global. Kedua negara ini juga menjabat di Dewan Keamanan PBB pada 2019-2020.

“Secara bilateral, mekanisme Intergovernmental Indonesia-Rusia Joint Commission on Trade, Economic and Technical Cooperation, yang diketuai bersama oleh saya dan rekan saya, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, memastikan bahwa keterlibatan kita di bidang perdagangan, industri, investasi, energi, transportasi, infrastruktur, budaya, pariwisata, dan kesehatan terus menguat,” jelasnya.

Berita Terkait : CPPS: Airlangga-Ganjar Bisa Jadi Duet Maut

Forum multilateral, kata Airlangga merupakan wadah yang tepat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan internasional dan dengan keadaan dunia saat ini yang cukup dinamis, kebersamaan lebih diutamakan.

Ketanggapan dalam menghadapi permasalahan global menjadi kunci agar kita dapat menciptakan tatanan dunia yang stabil.

Momentum pemulihan ekonomi pasca Covid-19 adalah potensi untuk membuka kembali pasar terbuka dan menguntungkan negara-negara di seluruh dunia.

Ditegaskan, Indonesia sedang mempersiapkan pemulihan ekonomi. Seperti menyelamatkan ekonomi nasional ke investasi yang menguntungkan kedua belah pihak.

"Diharapkan peran Rusia dalam membuka potensi investasi di Indonesia untuk forum formal Pemerintahan dan konferensi internasional dapat diperluas. Dan kami dari Partai Golkar secara terbuka membantu mengembangkannya,” ungkapnya.

Terkait penanganan Covid-19, Airlangga menuturkan, Indonesia mengajak negara-negara di seluruh dunia untuk bersatu padu menghadapi resolusi pandemi tersebut.

“Kami mengapresiasi Rusia yang cepat memproduksi dan mendistribusikan vaksin Sputnik ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kelancaran vaksinasi dan akses masyarakat menjadi kunci utama pengendalian wabah Covid-19 dan setelah itu pergerakan ekonomi global akan tetap berjalan dengan baik,” ujarnya.

Berita Terkait : Austria Lockdown, Kemlu Minta WNI Di Rumah Saja

Sementara Ketua Bidang Hubungan Luar Negri DPP Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono berharap, kerjasama antara Partai Golkar dan Partai Rusia Bersatu bisa terus terjalin dan menghasilkan sesuatu yang baik untuk kedua negara.

“Kami berharap kerjasama ini bisa terus terjalin dan terjaga, setra menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kedua negara dan untuk masyarakatnya,” katanya.

Selain itu Dave merasa bangga karena Partai Golkar satu satunya partai di Indonesia yang diundang dalam video conference.

“Ini artinya Partai Golkar diakui bukan saja sebagai partai senior yang sarat dengan pengalaman dan mampu keluar dari berbagai dinamika politik. Tapi menjadi partai yang selalu melakukan kerja nyata untuk Indonesia,” tutup Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Golkar ini. [EDY]