Dark/Light Mode

Rampung Lantik 34 DPW

Partai Berkarya Fokus Verifikasi Faktual KPU

Kamis, 9 Desember 2021 07:15 WIB
Sekretaris Jenderal Berkarya pimpinan Muchdi PR, Badaruddin Andi Picunang. (Foto: Istimewa)
Sekretaris Jenderal Berkarya pimpinan Muchdi PR, Badaruddin Andi Picunang. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Mantan politisi Partai Golkar ini optimis, meski urusan kepengurusan ini masih belum beres di tingkat hukum, tidak terlalu besar mempengaruhi mesin Berkarya menuju Pemilu 2024.

Badar menjelaskan, persoalan hukum kepengurusan Berkarya saat ini sedang diproses di tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA). Intinya, tidak menggangu kinerja kader untuk membawa partai ini sukses di Pemilu 2024. “Bismillah, kita on-kan mesin partai menghadapi tahapan Pemilu 2024,” katanya.

Baca juga : Tanggapi Kritik Eks Pegawai, KPK Jamin Substansi Perkara Penyelidikan Nggak Bakal Bocor

Meskipun bukan partai baru, Berkarya tetap berhitung dengan matang. Evaluasi pun terus dilakukan agar partai ini bisa menjadi kontestan di pesta demokrasi. “Yang paling dekat adalah verifikasi partai di tahun 2022 untuk lolos jadi peserta Pemilu. Masih cukup waktu untuk evaluasi internal,” katanya.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) ini menyemangati seluruh kadernya untuk mengingat persyaratan partai lolos menjadi kontestan Pemilu 2024. Di antaranya, memiliki 100 persen pengurus di 34 provinsi, minimal 75 persen pengurus di tingkat kabupaten atau kota per provinsi.

Baca juga : PKN Pede Lolos Verifikasi KPU

Selanjutnya, minimal 50 persen pengurus di tingkat kecamatan yang terdapat pengurus kabupaten atau kota, dan semua harus punya kantor. Belum selesai di situ, anggota partai berbasis kabupaten atau kota minimal 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk.

“Insya Allah semua terpenuhi, tinggal kami update data terbaru lagi, karena beberapa pengurus dan anggota di SIPOLada yang sudah pindah partai dan berhalangan tetap,” tutupnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.