Dark/Light Mode

AHY 5 Besar Capres, Demokrat Makin Pede

Jumat, 10 Desember 2021 18:20 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang tutup tahun 2021, Lembaga Analis dan Konsultan Sosial Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) kembali meluncurkan hasil survei nasional yang bertajuk Performa Pemerintah dan Tren Elektoral Terkini. Hasil survei ini merupakan review termin keempat atau sesi terakhir survei CISA di tahun 2021.

Salah satu hasil surveinya menyebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi salah satu Calon Presiden (Capres) yang dirindukan masyarakat untuk memimpin negeri ini pada 2024 mendatang. Elektabilitas AHY berada di posisi kedua setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Jika Pemilihan Presiden dilakukan saat ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo keluar sebagai pemenang dengan mendapatkan 16 persen. Kemudian disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang mencapai 14 persen," ungkap Direktur Eksekutif CISA, Herry Mendrofa dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (10/12).

Baca juga : YZR-M1 Dioprek, El Diablo Makin Pede Tatap Musim 2022

Menyusul pada posisi ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendapatkan 13,33 persen. Cawapres Prabowo di Pilpres 2019 lalu Sandiaga Uno mendapatkan 6,93 persen, dan Airlangga Hartarto 6,25 persen. Sedangkan Prabowo Subianto harus rela keluar dari posisi 5 besar yang cuma mendapatkan 6 persen.

Selanjutnya ada nama Ridwan Kamil di 4,67 persen, Puan Maharani 4,58 persen, Andika Perkasa 3,92 persen, La Nyala Matalitti 3,83 persen, Muhaimin Iskandar 3,25 persen, Khofiffah Indar Parawansa 2,83 persen, Erick Thorir 2,83 persen, Salim Segaf Al Jufri 2,25 persen serta Zulkifli Hasan 1,67 persen.

"Sedangkan yang menjawab Tidak Tahu atau Tidak Menjawab 7,67 persen," ujar Herry.

Baca juga : Jesy Nelson, Dekati Mantan Teman

Survei CISA dimulai sejak tanggal 1-7 Desember 2021 menyasar 1.200 responden di 34 Provinsi secara proporsional melalui penarikan sampel dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Margin of Error mencapai 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan pada 95 persen.

Selain survei elektabilitas Capres, kepuasan publik terhadap pemerintah menjelang akhir tahun 2021 ini hanya mencapai 44,33 persen.

"Tak ayal, ini berdampak pada keinginan responden untuk memilih figur-figur baru untuk memimpin negeri ini pada 2024 mendatang," tandasnya.

Baca juga : Juara Indonesia Open, Axelsen: Saya Makin Percaya Diri

Masuknya AHY dalam 5 besar calon presiden 2024 hasil survei CISA membuat kader partai berlambang Bintang Mercy yang duduk sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di Kebon Sirih, Desie Christiyana Sari semakin optimistis.

Dengan sisa waktu dua tahun ke depan, diyakininya elektabilitas AHY akan semakin meningkat saat Pilpres digelar pada 2024 mendatang.

"Kerja keras kader dalam memperjuangkan hak rakyat harus ditingkatkan dua tahun ke depan. Supaya masyarakat semakin percaya bahwa Demokrat selalu ada saat masyarakat membutuhkan," ujar Srikandi Partai Demokrat itu. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.