Dark/Light Mode

Tantangan Demokrasi Dan Supremasi Akal Sehat

Kamis, 30 Desember 2021 00:14 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat dan Mahasiswa Doktoral PSDM Universitas Airlangga. (Foto: Ist)
Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat dan Mahasiswa Doktoral PSDM Universitas Airlangga. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Kedua, optimisme masa depan demokrasi Indonesia juga ditopang oleh masih adanya harapan tegaknya hukum dan aturan di negeri ini, baik yang dijalankan oleh pemerintah (KemenkumHAM) maupun sistem peradilan yang ada (MA, PTUN, PN, dan lainya).

Faktor supremasi hukum ini sangat penting, mengingat demokrasi tidak semestinya sekadar dimaknai sebagai hadirnya sistem Pemilu dan kebebasan sipil, melainkan juga mensyaratkan adanya supremasi hukum yang menjadi pilar utama bagi terjaganya rasa keadilan publik dan stabilitas politik di akar rumput.

Baca juga : Ini Tantangan Labuan Bajo Jadi Destinasi Wisata Super Premium

Karena itu, ke depan, peningkatan kualitas transparansi dan akuntabilitas penegakan hukum yang mampu memenuhi harapan keadilan rakyat, menjadi agenda besar yang harus kita kawal bersama.

Ke depan, agenda pembangunan demokrasi Indonesia harus diorientasikan pada ikhtiar bersama seluruh anak bangsa untuk membangun sumber daya manusia dan pekerja demokrasi yang unggul, berintegritas dan berkarakter.

Baca juga : 5 Cara Sederhana Tingkatkan Kebiasaan Gaya Hidup Sehat

Ini adalah tanggung jawab lintas generasi. Jika tidak, praktik-praktik politik predatorik akan terus menghantui dan merendahkan kualitas demokrasi kita. Partai Demokrat hanya sebuah nama.

Jika tidak diantisipasi bersama, praktik politik kotor para predator dan benalu demokrasi itu bisa menyasar partai-partai politik lain, yang sejatinya juga dilindungi oleh konstitusi. Demokrasi tidak boleh dijalankan secara serampangan, apalagi dengan menabrak logika “akal sehat rakyat”.

Baca juga : Naik Meja Operasi, Bek Persija Ini Bakal Absen Setahun

Siapa yang berani melukai rasa kebenaran, keadilan dan kemanusiaan, maka rakyat akan bangkit dan bersatu melawannya. Itulah rumus demokrasi yang sehat. *** 

*) Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat & Mahasiswa Doktoral PSDM Universitas Airlangga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.